Tiga cara meningkatkan rasa percaya diri dalam public speaking

Percaya diri merupakan modal utama seseorang agar tidak gugup ketika melakukan presentasi, menghadapi interview kerja, melakukan meeting dengan client, atau apapun itu yang berhubungan dengan kegiatan public speaking. Tentunya setiap orang memiliki tingkatan rasa percaya diri yang berbeda sesuai dengan kepribadian masing-masing. Namun, artikel kali ini tidak akan membahas mengenai tingkat rasa percaya diri seseorang yang sesuai kepribadian melainkan tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda.

1. Kenali Self-Image Anda
Self-image adalah persepsi atau gambaran yang dimiliki seseorang mengenai dirinya sendiri. Persepsi ini tentunya bisa sesuai dengan realita bisa juga bertolak belakang dari kenyataan yang sesungguhnya. Maka Anda dituntut untuk bisa menyelaraskan antara image yang akan dimunculkan ke publik sesuai dengan kepribadian Anda. Seperti contoh, orang yang merasa dirinya ‘cool’ sementara orang lain melihat sebagai orang yang arogan. Jika Anda ingin memunculkan image yang cool maka Anda harus memperlihatkan sisi keren dari penampilan, sikap, dan juga cara berbicara.

2. Sering Melatih Dengan Menggunakan Gadget
Gadget merupakan salah satu media yang sangat membantu Anda agar dapat mengkoreksi diri dari kesalahan atau kekurangan dalam melakukan presentasi atau kegiatan lain yang berkaitan dengan public speaking. Terdapat beberapa fitur dalam Gadget yang bisa Anda gunakan seperti voice recorder untuk evaluasi konten kalimat dan unsur suara Anda, dan video recorder untuk mengevaluasi secara keseluruhan presentasi Anda yang tidak hanya dari unsur suara namun juga bahasa tubuh. Jika diri Anda belum terbebas dari rasa malu maka cobalah untuk mulai belajar berbicara dan merekamnya dengan gadget Anda. Setelah itu, video yang Anda rekam juga bisa dishare ke teman Anda untuk mendapatkan feedback serta masukan. Medium lain juga bisa digunakan seperti cermin yang tentunya sering dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berlatih. Lama kelamaan akan terbiasa untuk berbicara di depan publik karena seringnya melatih diri sendiri di depan cermin. Hasil eksperimen psikolog University of Liverpool, Dr. Marco Bertamini (2010) menyatakan jika bercermin dapat mempengaruhi perilaku seseorang untuk bertindak positif.

3. Ciptakan Positive Mindset
Agar dapat membangun rasa percaya diri maka Anda harus menciptakan positive mindset. Pertama, stop membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Selama Anda membandingkan kelebihan orang lain, maka Anda selalu memikirkan kekurangan diri Anda sehingga Anda sulit untuk mengeksplor kemampuan atau kelebihan yang Anda miliki. Kedua, terus berusaha menggali potensi dalam diri Anda. Jangan sampai kegagalan yang ada membuat Anda menjadi patah semangat dalam mengerjakan segala sesuatu. Ketiga, jangan terlalu memikirkan perkataan orang lain. Jika Anda hidup dikelilingi dengan orang yang ceplas-ceplos, maka setiap kata yang terlontar dari mereka jangan terlalu diambil pusing. Ibarat pepatah mengatakan, perkataan tersebut dimasukkan saja ke telinga kanan dan keluarkan dengan telinga kiri.