5 dasar yang diperlukan agar Public Speaking berjalan lancar

Public Speaking adalah skill yang penting untuk dimiliki semua orang. Apapun posisi anda di dalam sebuah perusahaan, pasti ada kesempatan dimana anda akan menyampaikan ide atau gagasan di depan banyak orang.

Terdapat 5 dasar yang diperlukan jika ingin Public Speaking anda berjalan lancar :

1. Kuasai Topik Pembicaraan

Jika anda menguasai topik yang anda bicarakan, anda tidak akan merasa gugup karena anda merasa percaya diri untuk berbicara didepan orang banyak. Maka dari itu, penguasaan topic merupakan hal yang sangat penting, jangan berbicara tentang topic yang tidak anda kuasai. Kenali juga urutan pesan yang akan anda sampaikan, jika anda menguasai urutan speech anda, speech anda akan mudah untuk dipahami.

2. Kenali audiens anda

Kenali background peserta yang akan datang ke presentasi atau pidato anda, ketahui pula lokasi dimana anda akan menyampaikan presentasi tersebut. Jika anda akan berbicara didepan anak sekolah, tentunya anda harus memakai istilah – istilah yang gampang dimengerti dan buat presentasi seringan mungkin, akan tetapi akan berbeda jika anda berbicara di depan pegawai BUMN, anda bisa menggunakan istilah rumit dan menggunakan banyak teks, setiap audiens harus menggunakan jenis pendekatan yang berbeda. Perhatikan juga lokasi dimana anda akan berbicara, jika anda akan menggunakan PowerPoint, apakah proyektor tersedia? Apakah memerlukan speaker untuk audio? Dan sebagainya.

3. Jangan meminta maaf

Apabila anda melewati beberapa bagian presentasi anda, tidak perlu khawatir, ada kemungkinan audiens tidak menyadarinya, anda dapat melanjutkan ke bagian berikutnya tanpa harus khawatir, yang terpenting anda harus relax. Anda harus berpikiran positif saat presentasi dan fokus.

4. Visualisasi anda saat melakukan speech

Bayangkan diri anda sedang melakukan pidato dan presentasi yang meyakinkan, anda menyampaikan presentasi tersebut dengan gesture dan body language yang bisa meyakinkan audiens. Visualisasi positf seperti ini akan membuat diri anda menjadi relax dan nyaman sehingga anda akan membawakan pidato atau public speaking dengan lancar.

5. Focus on your speech

Pembicara sering kali merasa gugup jika tiba – tiba ada gangguan tidak terduga yang terjadi pada saat mereka melakukan presentasi, misalnya ada gangguan pada sound system atau gangguan pada clicker, anda bisa kehilangan fokus. Tetap fokus pada hal utama, yaitu untuk menyampaikan pesan yang terdapat dalam presentasi anda.