Articles

Personal Branding: Menjaga penampilan kunci sukses berkarir

Pernahkah anda bertanya-tanya mengapa seorang MC – TV presenter selalu berpenampilan menarik saat di atas panggung atau di layar kaca tv? Salah satu profesi yang para pelakunya harus berpenampilan menarik tujuannya agar audience tertarik dalam memperhatikan jalannya sebuah acara. Tidak hanya yang berprofesi sebagai MC – TV presenter, memperhatikan cara berpakaian dan menjaga penampilan juga perlu dilakukan oleh para profesional baik yang berprofesi sebagai pengacara, dokter, public relations, sales, sekretaris, pegawai pemerintahan maupun swasta. Penampilan merupakan modal utama agar tidak dipandang sebelah mata oleh relasi atau para stake holders yang pada akhirnya melekat sebagai personal branding-nya.
Baca selengkapnya

Tiga cara meningkatkan rasa percaya diri dalam public speaking

Percaya diri merupakan modal utama seseorang agar tidak gugup ketika melakukan presentasi, menghadapi interview kerja, melakukan meeting dengan client, atau apapun itu yang berhubungan dengan kegiatan public speaking. Tentunya setiap orang memiliki tingkatan rasa percaya diri yang berbeda sesuai dengan kepribadian masing-masing. Namun, artikel kali ini tidak akan membahas mengenai tingkat rasa percaya diri seseorang yang sesuai kepribadian melainkan tips yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda.
Baca selengkapnya

presentasi dan public speaking para peserta terasah setelah pelatihan

One day public training Impactful Presentation Skills bersama Erwin Parengkuan mendapat atensi yang sangat baik dari para peserta. Acara yang berlangsung di TALKINC Surabaya pada hari Kamis, 28 Juli 2016 tersebut diikuti oleh para peserta yang memiliki latar belakang profesi berbeda-beda dan rentang usia yang juga berbeda. Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa, ibu rumah tangga, staff instansi pemerintahan, karyawan BUMN dan perusahaan swasta.
Baca selengkapnya

Kemampuan Public Speaking peserta inkompass meningkat

Banyak orang yang cakap dalam berkomunikasi namun belum mampu melakukan presentasi dengan baik di depan publik. Atau, berani melakukan presentasi di depan publik tapi kurang mampu menguasai audience. Sekolah MC TV Presenter dan Public Speaking TALKINC berkesempatan untuk berbagi ilmu dengan para peserta Inkompass.
Baca selengkapnya

Personal Branding Training HM Sampoerna Surabaya, 22 Juni 2016

TALKINC Surabaya kembali memberikan dukungan bagi HM Sampoerna melalui pelatihan Personal Branding kepada para peserta magang Inkompass pada tanggal 22 Juni 2016 dikantor pusat HMS Kawasan Rungkut Industri, Surabaya. Pelatihan satu hari dengan jumlah 20 peserta ini mengangkat tema Personal Branding yang disampaikan oleh Poetri Soehendro selaku fasilitator TALKINC.Baca selengkapnya

Latih anak tampil lebih percaya diri

Ruang lingkup anak saat pertama kali berkomunikasi dan berinteraksi adalah keluarga. Melalui proses yang panjang, peran orang tua sangat penting. Peran orang tua akan mengajarkan cara berkomunikasi anak sesuai dengan umurnya. Saat usia bayi, balita, remaja, maupun dewasa tentunya ada perbedaan dalam melakukan interaksi. Hal ini disebabkan oleh karakteristik khusus yang dimiliki anak tersebut sesuai dengan usia dan perkembangannya.
Baca selengkapnya

Gabriella Angelita, menyukai materi A to Z to Become MC-TV Presenter

Materi favorit saya selama mengikuti proses belajar menjadi seorang Professional MC-TV Presenter di Talkinc adalah materi encounter 2 yang dibawakan oleh Mba Intan Erlita. Materi encounter 2 adalah tentang A to Z to Become MC-TV Presenter dan Building Relationship with Your Stakeholder. Saya sangat menyukai materi ini karena menurut saya untuk menjadi seorang MC-TV presenter, mengetahui secara detail tahapan demi tahapan mulai dari persiapan sampai tampil di atas panggung adalah hal yang sangat penting. Selain itu, membangun hubungan yang baik dengan stakeholder juga menjadi hal yang sangat penting bagi seorang professional MC-TV Presenter.
Baca selengkapnya

Ayu Alkatiry : Flow Of Mind adalah materi favorit saya

Di batch yang ke 48, saya Ayu Alkatiry bergabung dalam sebuah training di TALKINC untuk meningkatkan kemampuan saya dibidang Public Speaking. Banyak materi yang disampaikan di TALKINC ini dan tidak ada satupun yang tidak menarik. Namun dari sekian materi yang menarik, satu materi yang menjadi favorit saya adalah Flow of Mind.
Baca selengkapnya

Materi Flow of Mind sangat menarik dikelas Public Speaking batch 48

Saya saya Nita Triwahyuningsih sebagai seorang marketing, saya dituntut untuk berhadapan dengan semua orang dari berbagai kalangan masyarakat untuk menjual produk perusahaan tempat saya bekerja. Namun ada sebuah kecenderungan negative yang saya rasakan selama ini yaitu saya tidak PD apabila saya harus berhadapan dengan calon nasabah yang memiliki kedudukan cukup tinggi di perusahaannya sehingga informasi yang saya berikan kepada calon nasabah seringkali menjadi tidak berurutan alias acak adut karena grogi dan ujung-ujungnya saya tidak clossing. Selain itu, saya juga tidak cakap untuk mengemas kata menjadi pesan yang manis dan enak didengar sehingga tidak jarang orang di sekitar saya merasa tersudutkan dengan pesan saya. Melihat kondisi saya, salah seorang teman menganjurkan untuk mengikuti kelas Public Speaking di Talkinc dan sekarang saya merupakan peserta training kelas Public Speaking batch 48.
Baca selengkapnya

Becky Tumewu, Personal Branding Bisa Digali

Seminar tentang Personal Branding bersama Becky Tumewu di Hotel Bumi Surabaya 31 Mei 2016 berjalan lancar dan peserta terlihat sangat antusias. Acara ini berhasil direkam dan ditulis oleh Surat Kabar JAWAPOS yang terbit tanggal 1 Juni 2016. Menurut Becky Tumewu, Personal Branding tumbuh dari 3 komponen utama, yaitu value, skill dan behavior. Ditambah 2 kompenen tambahan yaitu penampilan (total look) dan keunikan. Untuk membangun personal branding, seseorang wajib memiliki 3 komponen utama tersebut dan minimal 1 komponen tambahan. Hal ini perlu dibangun secara terus menerus dalam waktu yang tidak singkat.
Baca selengkapnya

Pentingnya Personal Branding untuk Wanita Karier

Seminar Personal Branding bersama Becky Tumewu yang diadakan oleh WomanBlitz berlangsung di Hotel Bumi Surabaya, pada tanggal 31 Mei 2016. Pada seminar ini, Becky Tumewu sebagai salah satu founder TALKINC, sekolah Public Speaking dan MC-TV Presenter akan sharing tentang Personal Branding kepada para wanita karir di Surabaya yang sebagian besar berprofesi sebagai marketing communication, public relations, dan entrepreneurs. Seminar ini merupakan bagian dari program yang dimiliki TALKINC Surabaya.
Baca selengkapnya

Kiat Sukses by TALKINC Lulus Tes Wawancara (PART 2)

Setelah membahas mengenai bagaimana menguasai diri dan meningkatkan rasa percaya diri saat melakukan tes wawancara, kali ini kita akan membahas mengenai salah satu faktor yang membuat kebanyakan orang gagal saat tes wawancara dilihat dari kemampuan komunikasi verbal. Tujuan umum berbicara ada tiga, yaitu memberitahukan (to inform), menghibur (to entertain), dan mengajak atau meyakinkan atau (to persuade) (Tarigan, Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, 2008).
Baca selengkapnya

Kiat Sukses by TALKINC Lulus Tes Wawancara (PART 1)

Kompetisi untuk memperoleh pekerjaan di Indonesia saat ini semakin ketat. Menurut survey dari Badan Pusat Statistik yang terakhir dirilis pada bulan Agustus 2015 melaporkan jumlah pengangguran di Indonesia sebesar 7,56 juta orang. Tentunya banyaknya pengangguran ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti, meningkatnya jumlah lulusan sedangkan jumlah lowongan pekerjaan yang disediakan tidak sebanding, banyaknya tenaga asing yang datang ke Indonesia untuk bekerja, kurangnya softskill para lulusan sehingga kurang diminati oleh perusahaan, dan masih banyak faktor lainnya.
Baca selengkapnya

The Overview materi favorit Naztasha Cesty Program Public Speaking 49

Nama saya Naztasha Cesty, biasa dipanggil Tasha. Saya adalah murid di program Public Speaking di TALKINC. Saya mengikuti program Public Speaking karena saya merasa ada kekurangan dalam skill komunikasi untuk menyampaikan pesan agar dapat diterima oleh audience dengan baik. Harapan saya setelah selesai mengikuti program Public Speaking, kemampuan saya dalam berkomunikasi meningkat.
Baca selengkapnya

My experience of joining personal

I recalled joining week end class “Speaking Impressively” in September 2015. I completed 3 (three) encounters and by the time the course’s ended, I learnt that the modules are to assist the development of communication competence. It gives guidance on how we choose the words for appropriate use; how we should set the tone when we share ideas to public, etc. I enjoyed learning them all. I see myself as a person who feels very uncomfortable being in ‘a spotlight’. For me, speaking in public can be downright terrifying. Lately, after a thorough consideration, I decide to engage in another session of Public Speaking class.
Baca selengkapnya

Bagaimana menjadi MC Presenter Profesional ?

Di kota-kota besar di Indonesia seperti Surabaya atau Jakarta, kebutuhan MC yang professional dalam sebuah event cukup tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya acara-acara besar yang diselenggarakan di kota-kota tersebut. Acara konser, pameran, acara resepsi pernikahan, adalah beberapa contoh acara yang memerlukan adanya MC untuk memandu berjalannya sebuah acara. Sehingga di kota-kota besar pekerjaan menjadi seorang MC adalah peluang pekerjaan yang sangat menjanjikan.
TALKINC sebagai sekolah MC TV Presenter dan Public Speaking yang secara spesifik juga membantu pengembangan kemampuan seseorang menjadi MC yang profesional. MC (master of ceremony) juga biasa disebut announcer atau penyiar. Tugas dan tanggung jawab seorang MC adalah memastikan acara berlangsung dengan lancar, tepat waktu, serta meriah atau khidmat dari awal hingga selesai.
Baca selengkapnya

Pentingnya Belajar Public Speaking

Menjadi sebuah kebutuhan jika kemampuan dasar sebagai presenter, mc, anchor, announcer adalah Public speaking. Public speaking dulunya lebih sering disebut keterampilan beretorika, merupakan seni atau keterampilan berbicara di depan umum dengan memperhatikan unsur-unsur berkomunikasi agar informasi yang disampaikan komunikator dapat diterima dengan baik oleh komunikan. Public speaker yang baik perlu memperhatikan beberapa hal seperti cara penyampaian pesan secara efektif, bahasa tubuh yang tepat bersinergi dengan pesan yang disampaikan, dan aspek verbal yang jelas. Selain itu, Public Speaker juga perlu memahami kebutuhan audience agar presentasi yang disampaikan dapat memberikan manfaat.
Baca selengkapnya

One day Seminar Excellent Public Speaking TALKINC Surabaya

Public speaking merupakan hal penting yang perlu dikuasi oleh setiap orang. Kenapa? Berbicara di depan umum merupakan sebuah tantangan bagi beberapa orang yang mungkin belum terbiasa melakukannya. Faktanya, tiga puluh detik pertama dapat menentukan kesuksesan dalam presentasi. TALKINC yang baru-baru ini membuka kantor cabang baru di Surabaya memperkenalkan dirinya dan membuat seminar satu hari yang dilaksanakan di Hotel Rich Palace Surabaya (16/04). Acara yang dibuka untuk umum ini dihadiri kurang lebih 150 peserta terdiri dari pelajar, mahasiswa, karyawan dari beberapa perusahaan, pengusaha, dan rekan-rekan dari berbagai media yang berada di Surabaya.
Baca selengkapnya

TALKINC membuka sekolah public speaking di Surabaya

Perkembangan komunikasi saat ini semakin cepat khususnya di kota-kota besar Indonesia salah satunya Surabaya. Hal tersebut dapat dilihat semakin menggeliatnya industri-industri yang bergerak di bidang komunikasi seperti advertising agency, public relations consultant, dan lembaga pendidikan public speaking. Kesempatan ini tentunya digunakan oleh salah satu sekolah public speaking dan MC TV Presenter TALKINC yang bermarkas di Jakarta untuk memberikan kesempatan bagi warga Surabaya untuk belajar menjadi public speaker handal. Lokasi kantor TALKINC Surabaya berada di Graha Bumiputra lantai 7, Jalan Raya Darmo Surabaya.
Baca selengkapnya


TALKINC Surabaya membawa kenangan

Keluarga saya berasal dari Manado, Ibu meminta ayah saya meninggalkan Manado untuk memulai hidup baru di Kota Jakarta. Ayah saya adalah seorang pengusaha Kopra yang sukses, yang akhirnya menyetujui permintaan ibu untuk hijrah ke Jakarta pada tahun 1976.
Sebelum pindah ke Jakarta, Ayah menitipkan kami di Surabaya selama 1,5 tahun sebelum bisnisnya di Jakarta establish. Kenapa Surabaya? Karena transportasi menggunakan kapal laut dari Sulawesi Utara berlabuh di Surabaya sebelum ke Jakarta. Pehitungan ayah bila ia gagal, kami tinggal kembali ke Manado.
Baca selengkapnya

When Things Gone Bad materi favorite MC TV Presenter 76

Saya Michelle Brenda Patricia salah satu murid dari kelas MC TV Presenter Professional Batch 76, materi When Things Gone Bad ketika saya belajar di Talkinc sangat berguna dan dapat menjadi panduan ketika kita membawakan suatu acara. Tetapi mengapa saya memilih materi ini sebagai materi favorit saya ? Karena pada materi ini kami diajarkan bagaimana cara mengendalikan suasana dan audience ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau diluar scenario.
Baca selengkapnya


Pentingnya Personal Branding

Seorang murid datang kepada saya, mengemukakan kalau karirnya selama 2 tahun bekerja tidak ada peningkatan, ia hampir frustasi, apalagi sejak memulai karir hingga saat ini apa yang dibayangkan tentang karir gemilang tak kunjung datang.
Pertanyaan saya kepadanya “Coba sebutkan apa yang menjadi kekuatanmu?” ia tertegun dan tidak bisa menjawab pertanyaan saya. Saya bertanya lagi lebih spesifik “apa yang membuat kamu berbeda dengan rekan kerjamu?’ iapun tidak bisa menjawab.
Baca selengkapnya

Komunikasi menjadi penting untuk menjaga hubungan

Banyak mall-mall di Ibukota hampir diisi oleh pernak pernik menjelang Valentine. Bulan penuh cinta sering dianggap hanya untuk pasangan saja atau keluarga terdekat. Namun kenapa tidak mulai mengucapkan atau bahkan berusaha lebih baik dalam komunikasi dengan teman sekantor? Tidak ada salahnya sesekali membawakan makanan sekedar kue ataupun coklat untuk teman sekantor.
Baca selengkapnya

pelatihan personal branding membantu memahami diri anda

Individu-individu yang memiliki personal branding tentu memiliki ciri khas masing-masing. Siapa yang tidak tahu Taylor Swift? Lady Gaga? Atau Dimas Ginanjar (Fouder of Maicih)? Dirinya, value yang dianut, dan tujuan hidup mereka tentu membuatnya berbeda dengan yang lain. Personal branding merupakan bagaimana orang lain melihat anda dan bagaimana orang lain mendeskripsikan anda. Oleh karena itu tentunya dinilai penting untuk mengatur values dan kateristik yang sesuai dalam mendeskripsikan diri anda. Value, karakteristik dan skill merupakan komponen utama yang perlu dipikirkan dan ditonjolkan dalam membentuk personal branding seseorang.
Baca selengkapnya

Tantangan komunikasi dalam dunia pekerjaan

Komunikasi adalah lifeblood dalam kehidupan berorganisasi, tanpa itu, organisasi tidak dapat berjalan dengan baik. Perusahaan dan karyawan memiliki keterbatasan yang sering dikarenakan kurang efektifnya komunikasi yang berjalan. Dalam survey menunjukan, indicator seorang manager menjadi manager yang sukses adalah kemampuan ia dalam komunikasi. Kemampuan komunikasi menjadi nomor satu dalam indicator mengukur kesuksesan seorang manager. Pesan dapat tersampaikan dengan baik, apabila komunikasi dalam perusahaan berjalan dengan baik. Sehingga, karyawan pun dapat mengikuti ritme kerja yang sesuai untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut.
Baca selengkapnya

Pentingnya kemampuan Listening and Critical Thinking

Communication problems occur when people listen to reply instead of to understand. Masalah komunikasi ini terus menerus berlangsung dari generasi ke generasi. Kita pun terbiasa mendengar hanya untuk menjawab namun tidak melalui proses memahami konten yang sedang dibicarakan terlebih dahulu. Padahal fondasi utama komunikasi adalah mencoba memahami (understand). Masalah komunikasi inilah yang menjadi penghambat terbesar dalam kemampuan critical thinking.
Baca selengkapnya

5 menit jago prinsip dasar efektif komunikasi

Seringkali kita mengalami gagal dalam berkomunikasi. Padahal, komunikasi telah menjadi hal yang sangat lumrah bahkan dari kita sewaktu bayi. Komunikasi dengan orang lain menjadi hal mendasar manusia sebagai makhluk social. Namun di dalam dunia kerja, masalah komunikasi menjadi masalah yang sering dihadapi. Masalah komunikasi sangatlah beragam, mulai tidak percaya diri, tidak dapat menyampaikan secara jelas pendapat bahkan presentasi produk, ataupun bermasalah dalam menentukan personal branding. Permasalahan serta tantangan terus muncul ketika pekerjaan menuntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
Baca selengkapnya

Harus PD menghadapi Persaingan MEA dan Dunia Internasional

“Harus PD, harus PD” demikian kata Jenar berkali-kali ke dirinya. Jenar adalah mahasiswa tingkat akhir yang akan melakukan presentasi didepan para dosen dan teman-teman kelasnya. Pada akhirnya, apa yang sudah dipersiapkan dengan matang oleh Jenar, tidak berhasil ditampilkan. Jenar merasa gagal, dan kondisi ini yang membuat ia selalu makin takut presentasi.

Melihat contoh diatas, bisa jadi kondisi ini juga pernah atau sering kita alami, ketika ingin berbicara dengan orang lain, kita menjadi takut dan kerapkali membandingkan potensi yang kita miliki dengan orang tersebut, apakah dia lebih berpengetahuan dan berpengalaman atau membandingkan strata ekonomi bahkan beberapa orang membandingkannya dengan kondisi fisik. Akhirnya membuat apa yang sudah kita persiapkan dengan matang menjadi sia-sia.
Baca selengkapnya

Sampai Jumpa Rasa Takut

“lima menit lagi giliran kamu tampil, ya…”
“Aduuuh, ingin ke toilet”
“Aduuuh, kok jadi keringetan?”
“Nanti kalau jelek gimana?”
“Malu banget kalo gagal”

Pernah mengalami hal serupa? Berbicara tentang rasa takut dan khawatir, kutipan-kutipan kalimat di atas sering muncul disaat-saat kita hendak melakukan pembicaraan di depan public atau hanya sekedar melakukan presentasi di kelas. Rasanya sangat mengganggu bahkan bisa membuat keseluruhan persiapan menjadi berantakan. Padahal, sebenarnya ketakutan itu belum tentu beralasan. Justru, sebagian besar malah tidak pernah menjadi kenyataan.
Baca selengkapnya

Teknik “Sandwich” untuk memberi Teguran

Sebagai pemimpin maupun staff tentunya seseorang perlu melakukan teguran untuk mengingatkan bila terjadi kesalahan atau ketidaksesuaian. Seringkali dalam melakukan teguran,kita bingung untuk menentukan bagaimana seharusnya teguran itu disampaikan. Karena bila salah dalam menyampaikan teguran,fatal akibat yang dapat ditimbulkan.

Sebuah teguran dapat menjurus kepada kesalahpahaman yang bisa mengakibatkan terjadi perselisihan, tentunya anda tidak mau hal itu sampai terjadi kan?. Agar teguran kita dapat diterima dan membuahkan perbaikan kedepannya, diperlukan teknik penyampaian yang sesuai.
Baca selengkapnya

I know you, You know me, and We are Communicating (to each other)

Judul di atas mirip dengan penggalan lagu anak-anak yang berbunyi “I love you, you love me. We are happy family”, lagu yang sangat ear-catching dan mudah dipahami. Seperti lagu tersebut, kunci dari keberhasilan komunikasi adalah adanya kondisi saling memahami antara pemberi dan penerima pesan.  Dalam melakukan proses pertukaran pesan, tentunya pemberi pesan berharap bahwa maksud dari pesan tersebut dapat dimaknai dengan baik oleh penerima pesan. Hal tersebut dikenal dengan istilah komunikasi efektif, dimana pesan dimaknai sama oleh pemberi maupun penerima pesan. Sehingga informasi tersampaikan dengan sempurna.
Baca Selengkapnya

My Super Power ‘HELLO’

“Ketika memasuki ruangan itu, ia langsung bertanya pada lelaki disampingnya tentang nama, dan dari mana Lelaki itu berasal. Selanjutnya ia tampak asik membicarakan kegiatannya sebelum sampai tempat ini, dengan lelaki yang baru saja ia kenal itu. Pastilah ia adalah seseorang yang ramah, dan menyenangkan.” Ucap seorang teman.

Pernahkah anda mengalami hal serupa? Ketika saat pertama kali bertemu dengan seseorang, anda langsung dapat menilai kepribadian orang tersebut? Itulah yang disebut kesan pertama. Kesan pertama saat bertemu orang lain sering menjadi acuan dalam menilai karakter orang tersebut secara keseluruhan. Lalu,bagaimana bila justru anda yang menjadi ‘kesan pertama’ bagi orang lain? Sudah siapkah menerima label dari kesan pertama yang Anda buat? Pada saat kesan pertama terbentuk, orang lain akan melihat hanya sebagian kecil dari hal-hal yang menggambarkan diri anda. Orang lain akan menilai bahwa karakter kesuluruhan dari diri anda sudah tercermin melalui kesan pertama yang anda buat terhadap mereka.
Baca Selengkapnya

Simple & Sharp, agar diperhatikan Pria dalam komunikasi Efektif

Buat kalian yang sering mengalami kesusahan dalam berkomunikasi dengan pria, mungkin artikel ini dapat membantu kalian untuk lebih mengerti bagaimana kiat berinteraksi dengan para pria agar mereka ingin mendengarkan.

Man vs Woman, perbedaan pola pikir antara pria dan wanita ternyata banyak berpengaruh kepada tingkat perhatian atas pembicaraan. Kebanyakan dari wanita sering merasa gugup, dan aneh bila harus berhadapan langsung dengan pria, terlebih lagi bila situasi memaksakan si pria untuk mendengarkan. Mungkin disini teman-teman pembaca bisa menemui sedikit solusi.
Baca Selengkapnya

Pesan Positif Melalui Sebuah Senyuman

“Satu senyum, berjuta arti”, ungkapan yang kerap kali kita dengar. Cukup setujukah anda dengan ungkapan tersebut? Karena faktanya hal itu memang benar. Senyum, merupakan tindakan yang sehari-hari biasa kita lakukan. Baik itu senyuman karena bahagia, malu-malu, maupun senyuman yang dipaksakan. Senyum mampu memiliki banyak makna, dan mampu diartikan dalam beberapa hal. Oleh karena itu,sebuah senyuman memiliki peran penting dalam menunjang komunikasi.
Baca Selengkapnya

Penampilan Oke, Presentasi Sukses

Bukan hal yang asing lagi bahwa dalam membeli sebuah barang, seseorang akan melihat pada tampilan luar terlebih dahulu. Seperti dalam membeli mobil, kebanyakan orang akan mempertimbangkan eksterior mobil dibandingkan dengan interior dalam mobil. Hal ini menunjukan bahwa tampilan luar, merupakan sebuah asset penting dalam sebuah penilaian. Bukan hanya dalam urusan pembelian barang, penampilan juga sangat berpengaruh pada bagimana presentasi anda memberikan hasil maksimal.
Baca Selengkapnya

Kesan Mendalam Saat Pertemuan Pertama

Seperti cinta pertama, kesan pertama diibaratkan sebagai cinta pada pandangan pertama dalam dunia bisnis. Untuk mewujudkan ‘cinta pada pandangan pertama’ anda dan rekan bisnis ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar kesan mendalam dapat diperoleh.
Pada saat anda memasuki ruangan, berjalanlah tanpa ragu karena hal ini akan memberikan kesan bahwa anda adalah pribadi yang percaya diri. Saat anda melakukan jabat tangan jangan lupa untuk meletakkan pergelangan tangan secara lurus dan vertikal, sehingga tidak ada kesan intimidasi atau pun sebaliknya.
Baca Selengkapnya