TALKINC baru saja selesai menyelenggarakan pelatihan Effective Communication Protocol Skills pada akhir Desember 2016 bagi para staff dari Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah dengan fokus peningkatan kemampuan peserta sebagai master of ceremony (MC) protokoler dengan personal brand yang tepat serta memahami cara berpenampilan (total look) sesuai tema acara yang dibawakan.
Pelatihan ini dilakukan selama 3 hari berturut-turut dan di fasilitasi oleh Mbak Lala Tangkudung selaku fasilitator TALKINC yang sangat berpengalaman di bidang MC. Modul pelatihan yang disampaikan meliputi Personal Branding, Professional Total Look, MC Protocol Technique and Body Language.

Modul pertama mengenai personal branding diberikan agar peserta mampu dan memahami bagaimana mengembangkan citra diri yang dimiliki sesuai dengan nilai, keahlian dan perilaku. Kemudian sebagai pendukung pengembangan citra diri, materi Professional Total Look disampaikan pada hari kedua dengan tujuan agar peserta memahami cara berpakaian yang baik dan benar sehingga penampilannya sesuai dengan tema dan acara yang dibawakan. Materi berikutnya mengenai teknik MC protokoler dimana peserta memahami apa saja peran dan tanggung jawab seorang MC dan juga bagaimana cara membuat script yang benar. Lebih lanjut lagi, teknik verbal juga dilatih meliputi intonasi, jeda, penekanan, volume dan juga power dengan tujuan agar suara dan pesan yang disampaikan jelas terdengar.

Pada hari terakhir tanggal 24 Desember 2016 modul yang diberikan mengenai body language and roleplay. Pembekalan ini diberikan agar peserta dapat memaksimalkan peranan bahasa tubuh mulai dari bagaimana cara berdiri yang baik, posisi kaki, postur tubuh yang professional, cara memegang script yang benar dan juga hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada saat bertugas sebagai MC. Kemudian peserta diberikan kesempatan maju kedepan melakukan roleplay sebagai MC formal, protokoler dan juga informal. Setelah itu fasilitator memberikan evaluasi serta masukan sehingga peserta menjadi tahu apa kekurangan dan kelebihan dari penampilan tersebut.

WhatsApp Online Chat Support