Pada hari Jumat, tanggal 28 Juli 2017, TALKINC mengadakan Effective Communication Skills Training dengan Sinarmas Land di  Sinarmas Land Customer Care, BSD. Facilitator pada hari itu adalah Becky Tumewu. Training dimulai pada pukul 9.00 pagi, sesi dimulai dengan menunjukkan 2 video, video masak dan video tentang hiu, kemudian beberapa perwakilan peserta diminta untuk menceritakan kembali video tersebut, peserta sangat antusias akan aktifitas ini.

Kemudian facilitator bertanya kepada setiap peserta, apakah kesan pertama orang lain pada saat bertemu anda untuk pertama kali, peserta banyak yang menjawab pendiam, humoris, galak, dan lain – lain. Fasilitator juga kemudian menjelaskan tentang tantangan komunikasi yang bisa ditemui, yaitu, takut tidak memberi manfaat, tidak jelas alur dan tujuannya, tidak interaktif, terburu – buru dan terlalu detail.

Komunikasi adalah proses komunikasi verbal dan non verbal, mengirim pesan dan menerima pesan, proses negosiasi, persuasi dan bagaimana membangun hubungan dengan audiens. Komunikasi terdiri dari 55% Bahasa Tubuh, 38% Intonasi Suara dan 7% kata – kata. Pada saat akan melakukan sebuah presentasi, perlu di ingat bahwa sebuah presentasi atau speech yang baik terdiri dari Opening (Apresiasi, Ice Breaking, Building), Body Content (Sudut Pandang, Alur berfikir).

Dalam presentasi, “Ingin – Perlu – Harus”  perlu diingat, apa yang ingin dibicarakan, perlu dibicarakan dan harus dibicarakan. Facilitator juga menjelaskan tentang pentingnya intonasi suara, intonasi suara harus dinamis, tidak datar dan passionate. Body Language merupakan hal yang sangat penting, body language adalah satu – satunya Bahasa yang tidak bisa berbohong, fasilitator memberikan beberapa contoh Bahasa tubuh, seperti video Bill Clinton, apa arti dari Bahasa tubuh ini, mana Bahasa tubuh yang baik dan mana Bahasa tubuh yang buruk.

WhatsApp Online Chat Support