By Erwin Parengkuan

Banyak di antara kita yang takut memulai hal baru. Takut gagal, takut malu, takut takut dan takut. Albert Einstein mengatakan bila setiap hari kita melakukan 15 menit hal baru, dalam 1 tahun kita akan menjadi ahli. Bila kita melakukannya selama 5 tahun kita akan menjadi National Champion. Nah, lantas kapan anda akan memulai sesuatu yang baru?

Saya pernah mendapatkan sebuah matra yang memberikan pengaruh besar dalam kehidupan saya, mantra ini secara tidak langsung disampaikan oleh seorang senior, katanya: “Erwin, never missing something when you grow old” kata-kata itu mengejutkan saya, sekaligus membuat mata saya berbinar-binar untuk segera melakukan apa yang ingin saya jalankan dalam kehidupan saya. Semacam “api” yang membara dan membakar diri saya sejak itu.

Saya tahu saya adalah anak yang biasa saja, dari sisi nilai di kelas tidak ada yang menonjol. Tapi saya tahu kalau saya lebih rajin dari orang kebanyakan saya akan sukses. Sehingga saya terus belajar, menjadi “murid yang baik” dan melakukan semua yang ingin saya kerjakan sehingga tidak ada penyesalan ketika tua nanti. Man! Kata-kata powerful tersebut telah benar-benar hidup di diri saya hingga saat ini. Dan kata-kata itulah yang membuat saya keluar dari Zona Nyaman.

Jadi bagaimana caranya supaya anda bisa lebih berani keluar dari Zona Nyaman? 4 tips berikut ini dapat membantu anda:

  1. Buat target kecil, sedang dan besar yang spesifik, atur strategi dan jangan lupa beri reward diri sendiri.

  2. Hukum probabilitas berlaku, 10 kali langkah, 1 yang akan sukses..lakukan terus menerus jangan berhenti.

  3. Lakukan self evaluation setiap saat.

  4. Selalu berada di lingkungan yang positif dan menghargai anda. Artinya kita harus berani meninggalkan semua yang Toxic di kehidupan kita, termasuk teman dan bacaan yang tidak penting.

Bayangkan kehidupan anda mendatang, bayangkan diri anda menjadi pribadi yang lebih berani, berani memulai pembicaraan, berani menyampaikan pendapat, berani di kritik untuk terus maju. Dan tentu berani keluar dari Zona Nyaman, don’t quite untiil you proud!

WhatsApp Online Chat Support