How to be a Good MC / TV Presenter

Menjadi sebuah MC atau Presenter bukanlah hal yang mudah, anda harus menjadi seseorang yang detail dan memperhatikan segala aspek dari acara yang akan anda host, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar anda bisa menarik perhatian audiens :

Memiliki gaya bicara yang unik
Jika anda memiiki gaya bicara yang unik,, anda akan menarik perhatian audiens dan mudah diingat oleh audiens, anda juga harus update dengan gaya bicara masa kini, contohnya Nycta Gina atau biasa di sebut juga “Jeng Kelin”, dia mempunyai suara yang cempreng dan hal tersebut menjadi ciri khas dia.

Berwawasan luas
Menjadi seorang MC  atau Presenter harus bisa mengikuti perkembangan zaman, dari mulai fashion, music dan lain – lain, hal itu akan membantu anda pada saat intermezzo atau pada saat sesi Q&A misalnya.

Bisa mencairkan suasana
Jikalau terlihat peserta main hape, kerap mengobrol kepada teman sebelahnya atau menguap, hal tersebut berarti bahwa mereka sudah kurang tertarik dengan seminar atau pidato yang sedang berjalan. Anda bisa saja meminta peserta untuk berdiri dari tempat duduknya agar bisa meregangkan otot – otot sehingga bisa jadi lebih fresh.

Sifat Humoris
Tertawa adalah obat yang terbaik, jika anda bisa melanturkan jokes dengan baik, anda akan bisa memberikan senyum pada peserta dan mereka akan merasa terhibur. Akan tetapi perlu diingat bahwa jangan bercanda terlalu jauh, keep it simple but entertaining.