Oleh : Erwin Parengkuan (TALKINC Founder & Facilitator)

Bisa dibayangkan betapa sulitnya menulis dibandingkan dengan berbicara. Atau mungkin sebaliknya, buat para penulis betapa menatangnya berbicara. Memang setiap orang mempunyai tantangannya masing-masing dalam berkomunikasi. Fokus saya hari ini lebih kepada kemampuan menulis yang akan meningkatkan kemampuan berbicara kita secara terstruktur. Yes, semua memang perlu dilatih dengan instensif. Seperti para penulis andal yang mempunyai kemampuan sangat baik dalam menyusun kata yang tepat, mereka hanya perlu melatih keberanian dalam berbicara, melatihnya dengan semangat seolah yang diajak bicara adalah kawan mereka sendiri, itu sudah akan meningkatkan kemampuan berbicara yang lebih ekspresif buat mereka.

Mari kita kembali fokus kepada mereka yang sudah memiliki keberanian bicara tapi belum mengasah kemampuan menyusun kata yang tepat bahkan berdampak. Berbagai macam bentuk latihan cara menulis, bercerita ( story telling), dan menuangkannya di platform digital yang akan membantu mereka dalam mengelaborasi kata menjadi kalimat. Saya ingin mengajak semua dari anda melalui tulisan ini untuk mulai memperhatikan urutan dalam alur yang akan disampaikan. Subjek, Predikat, Objek dll adalah bagian penting yang dapat dipelajari dan didapatkan dengan mudah di mana saja. Tetapi penekanan saya kali ini adalah kita harus memaksimalkan setiap momen untuk menulis, khususnya ketika semua orang punya sosial media, dimana itu adalah ruang mereka untuk menyampaikan ide, dan pendapat, itu yang harus diasah dan dimanfaatkan. Seperti bertanya ke dalam diri ketika mau menulis:

Siapa sasaran target pembaca saya

Keuntungan apa yang akan saya berikan dalam tulisan saya

Apa tujuan saya menulis, menyampaikan sebuah informasi, melakukan klarifikasi, menginspirasi sampai memotivasi

3 pertanyaan diatas akan membuat anda punya tujuan yang jelas dalam menulis. Berdasarkan pengalaman saya, kemampuan menulis akan meningkatkan keahlian dalam membuat alur yang menarik. Itu adalah manfaat besar yang saya rasakan saat ini, dengan menulis kemampuan komunikasi verbal saya semakin meningkat. Perlu disadari bahwa setiap orang mempunyai gaya penulisannya masing-masing. Sayapun dari pengalaman menulis buku, artikel, caption, narasi dalam podcast, bahkan saat ini menulis di website untuk anda adalah lahan untuk eksplorasi diri dalam menyusun kata yang lebih baik. Kalau saya menoleh ke belakang, dulu kemampuan saya sangat buruk dalam menulis, susunan kata yang berantakan, kebingungan menentukan tujuan saya menulis, intinya semua orang akan melewati proses yang sama. Kadang saya terlalu fokus ke kosa kata, tanda baca bahkan membuat “jembatan keledai” dan saya selalu kembali ke paragraf awal,  sehingga saya membuang waktu sangat lama untuk menulis sebuah artikel singkat. Tapi karena terus dilatih, kemudian saya sadar bahwa ketika saya menulis saya tidak boleh mengevaluasi tulisan yang sudah saya buat, melainkan membiarkannya untuk terus mengalir, membiarkan isi kepala saya terintegrasi dengan jari saya untuk terus menari di tuts keyboard. Agar tidak adanya distraksi dalam pikiran. Baru setelah selesai menulis, saya akan memeriksa kembali tulisan saya dari awal dan mengkoreksi tanda baca, makna, susunan kata dll. Akhirnya sekarang, setelah melihat banyak sekali perbaikan dari waktu ke waktu saya semakin mudah menuangkan pikiran saya dalam kalimat yang lebih baik dan tepat.

Nah, supaya anda menjadi lebih berani dalam menulis, syarat utamanya adalah berani gagal, berani menilai sendiri makna dari tulisan yang anda buat, liat lagi susunan kata, tanda baca, urutan, kosa kata, apakah sudah sesuai? benar atau tidak seperti yang anda harapkan? Dari kemampuan menulis yang dilatih terus menerus, saya akhirnya menemukan gaya tulisan saya. Ayo jangan berpikir terlalu lama, mulailah menulis di platform yang dimiliki. Semakin sering dilatih, ini akan membuat anda lebih runut dalam berbicara secara verbal. Di pikiran anda nanti akan ada sebuah pola, sebuah urutan yang tinggal diucapkan dari kerangka berpikir yang telah diasah melalui menulis. Seperti yang sering saya sampaikan bahwa kemampuan komunikasi yang baik akan membuat hidup dan karir kita lebih baik, jadi mari mulai sekarang rajin mengasahnya dalam menulis.

WhatsApp Online Chat Support