Kemampuan Public Speaking peserta inkompass meningkat

Banyak orang yang cakap dalam berkomunikasi namun belum mampu melakukan presentasi dengan baik di depan publik. Atau, berani melakukan presentasi di depan publik tapi kurang mampu menguasai audience. Sekolah MC TV Presenter dan Public Speaking TALKINC berkesempatan untuk berbagi ilmu dengan para peserta Inkompass.

Inkompass adalah program magang yang dilaksanakan oleh PT HM Sampoerna Tbk diperuntukkan bagi para mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu. Becky Tumewu sebagai Founder Sekolah MC TV Presenter dan Public Speaking TALKINC memfasilitasi pelatihan tersebut dengan topik Effective Pressentation (Rabu, 22/6). Para peserta sangat memperhatikan semua yang disampaikan oleh fasilitator mulai dari materi persiapan hingga penyampaian komunikasi verbal dan non-verbal dalam sebuah presentasi. Pelatihan yang dimulai pada pukul 08.30 – 15.30 WIB berisikan beberapa materi, yaitu bagaimana membuat slide presentasi yang tepat, menggunakan body language yang sesuai dengan pesan dalam presentasi, memaksimalkan penggunaan unsur suara mencakup artikulasi dan intonasi, teknik public speaking, serta bagaimana menyampaikan presentasi secara efektif di depan audience.

Setelah semua materi yang disampaikan oleh Becky Tumewu berakhir, peserta diajak untuk membuat slide presentasi dilanjutkan dengan praktik presentasi (roleplay) dengan durasi dua menit sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Fasilitator memberikan feedback bahwa seorang public speaker harus mengerti mana pesan yang disampaikan sehingga dengan waktu yang singkat dapat menyampaikan informasi penting kepada audience. Tips terakhir sebagai recap dari keseluruhan pelatihan adalah pilih dan sampaikan pesan yang bermanfaat bagi audience didukung dengan materi yang terstruktur dan penyampaian yang jelas sehingga presentasi dapat tersampaikan secara efektif serta mencapai tujuannya.