Launching buku “Understand-inc People” Erwin Parengkuan
Kinokuniya Plaza Senayan, 28 Februari 2017

Sebagai seorang Praktisi Komunikasi, Presenter, Personal Branding Specialist, Nama Erwin Parengkuan sudah tidak asing lagi, memiliki pengalaman selama 28 Tahun yang membawanya kepada banyak pencapaian saat ini.

Hari ini launching buku yang ke 6 bagi Erwin, ayah dari 4 orang putra-putri yang sudah beranjak dewasa. Erwin juga dua tahun bertutut-turut membawa Team Pertamina-ONWJ dan WMO pada kemenangan Tingkat Nasional dan International untuk Presentasi Terbaik di Korea dan Bangkok belum lama ini, dan membawa team Customer Service Telkomsel untuk juara Umum di tahun 2016 yang lalu. Banyak prestasi yang telah diraihnya, berkenaan dengan membantu banyak siswa atau peserta untuk sukses berkomunikasi.

Salah satu yang ia dapatkan dalam perjalanan karirnya, yang diawali pada tahun 1989 sebagai penyiar radio, team creative di Radio Prambors adalah melakukan observasi terhadap banyak pribadi yang ia jumpai. Pengetahuan yang dimiliki berkenaan dengan memahami kepribadian lawan bicara, dari filsuf Romawi Kuno adalah Socrates yang menjelaskan 4 tipe kepribadian manusia mulai dari Sanguine, Choleric, Pragmatic dan Melancholy. Sayangnya keempat terminology yang disebutkan tidak familiar di masyarakat Indonesia. Yang kemudian membuat Erwin menciptakan istilah baru yaitu si Gesit, Kuat, Damai, dan Rinci untuk mempermudah masyarakat memahaminya.

Buku yang ditulis ini merupakan hasil observasinya selama ini, bahwa dari 4 kepribadian yang berbeda ini, mempunyai gaya komunikasi yang mirip-mirip. Untuk itu, merupakan panggilan hati yang mendorong Erwin untuk melahirkan buku ini. Erwin melibatkan team Psikologi untuk membuat Assessment tentang mengenal kepribadian kita dan menentukan gaya komunikasi kepada lawan bicara, berikut perangkat test dan melakukan Focus Group Discussion terhadap banyak responden secara kulitatif.

“Kita menyadari bahwa, kepribadian yang menarik adalah kunci kesuksesan yang menunggu anda di depan.: Ujar Erwin, “keahlian seseorang bukanlah syarat utama, kendati setiap perusahaan untuk memperkerjakan karyawan yang baru, pertama dilihat adalah apakah kepribadian orang ini menarik atau tidak bukan prestasinya terlebih dahulu.” Sehingga sangat penting bagi setiap orang untuk mengenal siapa dirinya untuk menjalin hubungan yang harmonis tanpa pandang bulu.

Buku ini telah menjadi modul training yang digemari oleh banyak perusahaan, selain modul lainnya tentang komunikasi. Erwin tahu bahwa tidak semua orang dapat menjadi siswa di sekolah Talkinc-nya, atau menjadi peserta pelatihan. Untuk itu buku adalah sarana yang sangat efektif untuk menyampaikan pesan positif ini, apalagi dengan penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, tbk yang sudah banyak menerbitkan buku-buku karya Erwin, dimana beberapa telah mendapatkan predikat National Best Seller dan penghargaan International –Gourmand Cookbook Award 2014 di Shanghai.

Buku Understand-inc People- Strategi Taktis Berkomunikasi Berdasarkan Kepribadian ini dengan tebal 202 Halaman, terbagi atas 6 bab, yaitu:

-Bab 1: Personality in Communication, mulai dari Rumus Kepribadian, pengaruh Kepribadian dalam Proses Komunikasi, Membangun Gaya Komunikasi yang Positif.
-Bab 2: Menakar Indikator Kepribadian dalam Komunikasi, mengetahui Kepribadian “sunny side dan shodow side”, Test Kepribadian, Analisis Kepribadian, Kombinasi Tipe Kepribadian, Indikator Kepribadian dalam Karir dan Pekerjaan.
-Bab 3: Dimensi Kepribadian dan Gaya Komunikasi Diri Sendiri.
-Bab 4: Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Berdasarkan Kepribadian, Mengubah Karakter Negatif menjadi Perilaku Positif
-Bab 5: Memprediksi Kepribadian Lawan Bicara, Kuis Kepribadian
-Bab 6: Teknik Komunikasi dengan Berbagai Kepribadian, meningkatkan Efektivitas Komunikasi Tertulis.

Ini dari buku ini adalah Erwin melalui pengalamannya yang begitu beragam ingin mengajak kita untuk mengenal diri dengan lebih baik, melakukan analisa terhadap apa yang sudah kita lakukan dalam berinteraksi dengan berbagai kepribadian, dengan sadar kita melakukan analisa yang tepat dengan perangkat yang sesuai, seperti apa yang ada didalam buku ini. “Kepribadian yang menarik adalah kunci kesuksesan setiap individu, jadilah pribadi yang hangat dan menyenangkan!” Ujar Erwin.

buku ini sudah beredar di toko buku seluruh Indonesia, dengan bonus test kepribadian dan harga jual Rp 55.000,- rupiah.

Jakarta, 24 Februari 2017
Erwin Parengkuan
www.talk-incorporation.com

WhatsApp Online Chat Support