Evelyn Suryowibowo – Kelas Professional Public Speaking Batch 44 tahun 2015

Nama saya adalah Evelyn Suryowibowo. Saya adalah peserta dari kelas Professional Program: Public Speaking, batch 44 (9 Mei – 4 Juli 2015). Mengikuti kelas Public Speaking di TalkInc adalah pengalaman yang sangat berguna sekaligus menantang, karena saya diajak untuk menyadari cara berbicara didepan umum, kekurangan yang dirasakan, dan cara untuk mengatasinya. Secara pribadi, goals saya dalam mengikuti kelas ini adalah untuk menyampaikan pesan secara lebih terstruktur, dengan gaya yang menarik dan ekspresif, dan yang tidak kalah penting, meninggalkan kesan positif pada audience. Dari keseluruhan proses pembelajaran, materi yang paling berkesan adalah mengenai Body Language (Encounter 5, 13 Juni 2015)

Saya menganggap materi Body Language adalah sebuah tantangan yang besar karena saya termasuk orang yang memiliki ekspresi datar, ditambah lagi dengan kurang memanfaatkan bagian tubuh. Akibatnya, topik yang menarik bisa menjadi membosankan. Saya ingat pernah menceritakan sebuah cerita yang seharusnya menimbulkan emosi audience, tetapi karena voice/intonation dan facial expression yang datar, serta pace yang terlalu cepat, cerita itu malah kurang meninggalkan kesan pada audience.

Kegiatan Kelas Professional Public Speaking Batch 44 tahun 2015

Di kelas ini, saya belajar bahwa, ternyata, saya salah menerapkan strategi. Selama ini, saya fokus pada apa yang saya ingin sampaikan. Saya menghabiskan waktu saya pada presentation slides, mengolah kata-kata sehingga mudah dimengerti oleh audience. Tapi saya baru menyadari bahwa words yang sangat saya perhatikan ini hanya berpengaruh 7% pada penerimaan materi oleh audience. Sedangkan sisa 56% berasal dari body language 38% dari voice (termasuk intonation dan pace). Di pertemuan ini, saya diajarkan untuk lebih ekspresif, baik eye contact, tersenyum (yang penting untuk menjaga mood dan image positif), postur berdiri yang membuat kita nyaman, maupun gerak tangan dan badan (bergerak, tetapi harus selalu ada tujuan di dalam gerakan tersebut). Meskipun Body Language masih menjadi tantangan, saya berharap melihat perubahan dalam diri saya setelah mengikuti kelas Public Speaking di TalkInc.

WhatsApp Online Chat Support