Tingkat kepercayaan diri seseorang sangat mempengaruhi performa seseorang di atas panggung atau di depan orang banyak. Detik pertama Anda masuk ke forum untuk berbicara, para hadirin akan langsung membentuk kesan tentang diri Anda. Apa yang ingin mereka lihat adalah seorang pembicara yang tampil percaya diri dan rileks.Orang yang gugup hanya akanmembuat hadirin merasa tidak nyaman dan malas mendengarkan atau menyerap materi yang dipresentasikan. Seorang pembicara yang percaya diri dan rileks akanlebih cepat menyatu dengan hadirin, dan dengan cepat mengalirkan perasaan-perasaan positif sehingga komunikasi menjadi lebih efektif.

Tingkat kepercayaan diri didukung jam terbang yang tinggi, setiap kesempatan yang kita dapatkan untuk berbicara di depan umum sebaiknya anda pergunakan dengan baik

Terkadang yang kita takutkan adalah pendapat orang lain terhadap penampilan kita pada saat kita berbicara di depan umum;apakah dari cara kita berpakaian yang kurang sesuai dengan lawan bicara kita, pesan yang kita sampaikan yang didukung susunan kata kata yang ingin disampaikan. Saat kita melihat reaksi lawan bicara kita yang sepertinya terlihat kurang antusias dengan pembicaraan kita atau bahasa tubuh lawan bicara kita menyiratkan sinyal yang diluar perkiraan kita yang membuat kita takut untuk berbicara di depan umum.

Kita dapat memanfaatkan teknologi yang sudah lazim kita gunakan sekarang, seperti kamera handycam, kamera saku atau bahkan kamera telepon seluler kita. Mintalah bantuan kepada teman anda untuk merekam latihan presentasi anda dan anda dapat mengevaluasi kembali performa anda dan menilai sendiri apa yang harus di masih harus perbaiki dan ditingkatkan

Tinggalkan rasa takut atau gugup Anda di luar ruangan, dan ciptakan rasa percaya diri secara total. Rasa percaya diri dapat ditingkatkan dengan banyaknya latihan dan matangnya persiapan.

WhatsApp Online Chat Support