Pada artikel sebelumnya, diketahui bahwa ada empat tipe kepribadian (Koleris, Sanguine, Melankolis, Plegmatis) yang telah dibahas. TALKINC menyederhanakan penggunaan kata dengan merubah terminologi empat tipe kepribadian tersebut menjadi Kuat, Gesit, Rinci, dan Damai. Pada workshop Understanding People yang dilaksanakan TALKINC Surabaya (03/09), Erwin Parengkuan selaku Fasilitator menekankan bahwa cara berkomunikasi dengan keempat tipe kepribadian tersebut tidak dapat disamakan. Jika pandangan Anda cara berkomunikasi dengan lawan bicara Anda sama dengan lawan bicara lainnya, maka kemungkinannya akan sulit mencapai tujuan dalam interaksi komunikasi antara Anda dengan lawan bicara Anda. Berikut adalah penjelasan TALKINC mengenai pola komunikasi dari beberapa kepribadian dan apa yang harus dilakukan oleh setiap tipe dalam berkomunikasi:

• Tipe Kuat memiliki sifat suka tantangan, tanggung jawab, tegas, dan berorientasi pada target. Kecenderungan pola komunikasi si Kuat ini adalah persistent dan mendominasi sehingga sulit untuk mendapat masukan dari orang lain. Oleh karena itu, tipe kuat harus berkomunikasi dengan ‘respect’ dan menyesuaikan cara berkomunikasi ketika di dalam tim untuk lebih bisa menjadi bagian dari sebuah tim tanpa harus selalu mendominasi.

• Tipe Gesit memiliki kecenderungan sifat yang extrovert, periang, kreatif, inovatif, friendly, dan percaya diri. Dibalik sifatnya yang menyenangkan, tipe kepribadian ini sering melakukan tindakan yang ceroboh seperti contohnya berbicara ceplas-ceplos. Agar interaksi komunikasi tipe gesit lebih baik, maka yang perlu diperhatikan adalah mulai membiasakan untuk berpikir sebelum berbicara, menyampaikan kalimat dengan jelas dan terstruktur. Jika perlu, tipe Gesit harus membuat poin-poin permbicaraan agar apa yang disampaikan adalah informasi yang benar-benar penting untuk disampaikan kepada lawan bicaranya.

• Tipe Rinci masuk dalam golongan introvert. Tipe rinci ini memiliki perasaan yang sangat sensitif dan sangat suka menyendiri. Tipe rinci juga cenderung suka menyimpan masalah yang dimiliki dan juga cenderung melihat masalah dari sisi negative karena pola pkirnya yang kritis. Sifat tipe rinci adalah analitis, perfeksionis, pemikir, serius, tekun, dan teratur. Saran TALKINC untuk para tipe rinci dalam berkomunikasi dengan lawan bicara adalah jelaskan inti pembicaraan, berani menyampaikan opini, dan kurangi penjelasan yang terlalu rinci.

• Terakhir tipe kepribadian plegmatis atau TALKINC menyebutnya tipe Damai, termasuk pada kepribadian yang tertutup (introvert). Introvert adalah orang yang berorientasi kedalam diri mereka sendiri (inward thinking). Tipe introvert tertarik pada dunia ide, pemikiran, konsep sehingga orang-orang introvert sangat menyukai suasana tenang untuk menyendiri untuk berpikir ataupun beraktivitas. Tipe Damai memiliki sifat yang mudah bergaul, tenang, menghindari konflik, dan selalu penjadi pendengar yang baik. Tipe damai yang mudah bergaul ini tidak terlalu berani bicara depan umum untuk menunjukkan ekspresi dan cenderung malu-malu. Maka, tipe damai ini harus berani berbicara, aktif atau ikut terlibat dalam diskusi untuk menyampaikan ide, dan jangan pernah malu untuk menyampaikan gagasan dan jangan takut melakukan kesalahan.

WhatsApp Online Chat Support