Pentingnya Belajar Public Speaking

Menjadi sebuah kebutuhan jika kemampuan dasar sebagai presenter, mc, anchor, announcer adalah Public speaking. Public speaking dulunya lebih sering disebut keterampilan beretorika, merupakan seni atau keterampilan berbicara di depan umum dengan memperhatikan unsur-unsur berkomunikasi agar informasi yang disampaikan komunikator dapat diterima dengan baik oleh komunikan. Public speaker yang baik perlu memperhatikan beberapa hal seperti cara penyampaian pesan secara efektif, bahasa tubuh yang tepat bersinergi dengan pesan yang disampaikan, dan aspek verbal yang jelas. Selain itu, Public Speaker juga perlu memahami kebutuhan audience agar presentasi yang disampaikan dapat memberikan manfaat.

Kemampuan public speaking saat ini sangat dibutuhkan untuk setiap individu, baik untuk pelajar/mahasiswa, pekerja professional, maupun para praktisi dibidang entertainment. Setiap individu dalam kegiatan sehari-hari juga harus memiliki kemampuan public speaking yang baik sehingga lawan bicara dapat mengerti pesan yang disampaikan. Namun, banyak orang yang belum menyadari pentingnya keterampilan public speaking, sehingga banyak orang juga yang belum mampu menguasai diri dan audience ketika tampil di depan umum dalam menyampaikan sebuah gagasan. Menurut survey yang dilakukan oleh The People’s Almanac Book kepada 3000 warga Amerika Serikat menunjukkan bahwa sebanyak 21% warga memiliki ketakutan berbicara di depan umum.

Dengan adanya tuntutan agar masyarakat memiliki keterampilan public speaking, maka muncullah sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan yang fokus untuk pelatihan public speaking seperti TALKINC. Diantara banyaknya lembaga pendidikan atau sekolah yang berfokus pada pelatihan public speaking, tentunya TALKINC yang baru saja membuka cabang pertamanya di Surabaya berusaha memberikan yang terbaik dari setiap modul pelatihan dan fasilitator yang akan memfasilitasi pelatihan dengan menggunakan metode practical drilling dan coaching. Di TALKINC akan diajarkan banyak hal mulai dari dasar public speaking yaitu Boosting Confidence, cara menyampaikan pesan yang impressif melalui kelas Speaking Impressively, tehnik Public Speaking dan juga penampilan sesuai dengan Personal Branding yang ingin ditampilkan.