4 tahun lalu ketika saya mengagas buku tentang PB, kami melakukan banyak riset terhadap figur dalam dan luar negeri untuk menjadi kajian sehubungan dengan buku Personal Branding, Strategi Taktis untuk Bertahan di Karir yang kami tulis. Dimana survey yang kami dapatkan menjelaskan ada hal yang sama yang dilakukan oleh para tokoh dalam maupun di luar negeri, sehingga PB mereka menjadi sangat menonjol. Yaitu dengan memiliki Komponen Utama maupun Komponen Tambahan.

Komponen Utama yang harus dimiliki sesorang untuk membangun Personal Brandingya meliputi 3 hal: Value (nilai yang dimilikinya), Skill (keahlian) maupun Behavior (sikap seseorang dalam interpersonal relationshipnya).

Sedangkan Komponen Tambahan adalah : Total Look (penampilan), Authentic (apakah seseorang terlihat tulus atau tidak) dan Uniqueness (keunikan yang dimiliki yang membedakan dengan orang lain). Kedua Komponen diatas sangat berperan dalam kemampuan seseorang dalam membangun Personal Brandingnya.

Pertanyaannya, berkaitan dengan topik kita dan kata kunci, sudahkan anda mempersiapkan dan memilikinya? Lantas hal apa yang akan anda lakukan? Mari saya ajak anda untuk membuatnya. Pertama, renungkan dan tuliskan kata kunci yang akan anda buat yang merepresentasikan masing-masing komponen utama maupun tambahan, misalnya anda adalah seorang profesional di bidang keuangan. Apa kriteria yang utama harus dimiliki berhubungan dengan value? Skills, behavior, dan yang ada di komponen tambahan, mulai dari total look, gaya seperti apa yang akan anda tampilkan dst.

Buatlah langkah kongkrit selama 90 hari untuk menampikan PB anda, kenapa harus 90 hari? Karena berdasarkan pengalaman saya sebuah habit akan terbentuk setelah kita melakukannya konsisten selama 90 hari. Pastikan kata kunci yang anda buat terlihat dengan jelas. Misalnya ketika bos anda akan membuat project baru dan mencari kriteria orang dengan kata kunci, gesit, menyenangkan, tegas. Nah bila kata kunci tersebut menjadi branding anda maka anda-lah kandidat terkuatnya. Bayangkan kalau secara konsisten dari waktu ke waktu kita membangun PB dengan sengaja dan sadar, tentu tidak hanya karir gemilang melainkan anda akan menjadi figur yang terlihat menonjol sehingga mampu bertahan di karir. Jangan lupa juga mempertajam penampilan anda yang baru di tahun baru ini. Selamat mencoba!

WhatsApp Online Chat Support