Pesan Positif Melalui Sebuah Senyuman

“Satu senyum, berjuta arti”, ungkapan yang kerap kali kita dengar. Cukup setujukah anda dengan ungkapan tersebut? Karena faktanya hal itu memang benar. Senyum, merupakan tindakan yang sehari-hari biasa kita lakukan. Baik itu senyuman karena bahagia, malu-malu, maupun senyuman yang dipaksakan. Senyum mampu memiliki banyak makna, dan mampu diartikan dalam beberapa hal. Oleh karena itu,sebuah senyuman memiliki peran penting dalam menunjang komunikasi.

Komunikasi bukan hanya terdiri dari kata-kata atau tulisan saja, terdapat komunikasi non verbal yang sama pentingnya. Bila komunikasi verbal mempertukarkan pesan lisan maupun tulisan, maka komunikasi non verbal merupakan tindakan seseorang yang dilakukan kepada orang lain untuk pertukaran makna. Komunikasi non verbal dapat dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja, bahkan sebagian besar justru berlangsung tanpa disadari. Salah satu bentuk komunikasi non verbal adalah senyum. Karena senyum merupakan salah satu lambang non verbal maka senyum menjadi penting dalam menentukan efektifitas komunikasi.

Bila anda ingin dianggap sebagai seorang yang ramah, hangat, dan positif oleh lawan bicara anda, maka hal yang paling sederhana untuk memulainya adalah melalui senyuman. Senyum yang hangat dan ramah mampu memberikan kesan periang pada diri anda, dan akan memberikan indikasi bahwa anda adalah orang yang menyenangkan dalam melakukan pembicaraan. Hanya butuh beberapa detik untuk tersenyum diawal namun efeknya dapat melancarkan komunikasi yang kita bangun. Tapi anda juga perlu berhati-hati, jangan sampai senyum anda disalah artikan oleh lawan bicara, ya.

WhatsApp Online Chat Support