presentasi dan public speaking para peserta terasah setelah pelatihan

One day public training Impactful Presentation Skills bersama Erwin Parengkuan mendapat atensi yang sangat baik dari para peserta. Acara yang berlangsung di TALKINC Surabaya pada hari Kamis, 28 Juli 2016 tersebut diikuti oleh para peserta yang memiliki latar belakang profesi berbeda-beda dan rentang usia yang juga berbeda. Pelatihan ini diikuti oleh mahasiswa, ibu rumah tangga, staff instansi pemerintahan, karyawan BUMN dan perusahaan swasta. Konsep kelas kecil (small class) dengan jumlah peserta yang dibatasi membuat interaksi antara speaker dengan peserta terjalin dengan intensif sehingga para peserta merasa banyak sekali keuntungan yang didapat setelah mengikuti pelatihan ini. Keuntungan-keuntungan tersebut diantaranya adalah para peserta dapat melontarkan pertanyaan secara langsung kepada Fasilitator mengenai isi materi pelatihan, serta para peserta juga memperoleh masukan setelah melakukan role play dan sesi caoching sehingga para peserta mengetahui dimana kekurangan dan kelebihan yang dimiliki saat presentasi dan berbicara di depan public.

Materi yang disuguhkan pada pelatihan ini sangat diminati para peserta, pasalnya ada dua materi inti yang dishare ke peserta yaitu Escalating Confidence dan Impactful Presentation and Public Speaking. Kebanyakan dari para peserta memiliki kesamaan yaitu kurang merasa percaya diri dan cara presentasi yang sering dilakukan kurang baik. Pada materi pertama, Erwin Parengkuan menjelaskan mengenai konsep diri (self consept) dan bagaimana meningkatkan rasa percaya diri khususnya pada saat berbicara di depan publik. Erwin Parengkuan menyatakan, bahwa jika peserta tidak bisa memahami konsep diri maka peserta akan susah untuk mencapai aktualisasi diri.

Memasuki sesi yang kedua dengan materi Impactful Presentation and Public Speaking, Erwin Parengkuan menjelaskan mengenai komponen-komponen penting dalam presentasi. Selain itu, tips beserta contoh-contoh juga diberikan kepada peserta khususnya mengenai tehnik public speaking dan bagaimana membuat presentasi yang menarik dan berkesan. Pada akhir sesi materi ini, peserta diminta untuk melakukan presentasi dengan durasi lima menit. Peserta sangat antusias dengan kegiatan role play ini karena peserta mendapatkan penilaian dan juga masukan langsung dari Erwin Parengkuan.

Pelatihan yang dimulai pukul 09.00 – 16.00 WIB tersebut diakhiri dengan foto bersama. Semua peserta menyatakan bahwa setelah pelatihan ini mereka jadi tahu kelebihan dan kekurangan mereka sehingga dapat dijadikan dasar dalam meningkatkan rasa percaya diri serta menyampaikan presentasi didepan publik. Tanggapan para peserta sangat positif dan menginginkan pelatihan lanjutan untuk mengasah kemampuan komunikasi dan public speaking mereka dimasa mendatang.

*Untuk informasi lanjutan mengenai kelas pelatihan TALKINC Surabaya (School of Public Speaking, MC dan TV Presenter dapat menghubungi Nicky / Shera : 0888-0982-6120 atau 031-5680206