Oleh Erwin Parengkuan

Menjadi pusat perhatian ketika berbicara di publik adalah kunci utama yang sangat penting. Sebelum anda melakukan latihan Public Speaking yang berkala, usahakan anda melatihnya setiap hari dan merekamnya di smartphone anda yang akan memberikan pengaruh yang besar dalam anda berbicara. Berikut ini 4 tips yang dapat saya berikan untuk anda semakin menarik ketika tampil.

1. Buatlah Outline

Kuasai materi 100% dengan melihat kembali materi presentasi anda, jangan biarkan orang lain yang membuatnya. Anda harus bertanggung jawab menyusun outline ini seperti yang ada di kepala anda. Lakukan riset untuk menemukan data terbaru yang dapat membuat materi anda menjadi terkini.

2. Selaraskan dengan bahasa tubuh dan intonasi suara

Rekam diri anda ketika berbicara dan ulas kembali. Lihatlah dan jadilah kritikus terbaik untuk anda, apakah alur yang anda sampaikan sudah sesuai dengan harapan atau belum. Cermati kesan pertama ketika anda melihatnya di HP. Liatlah apakah anda sudah bersemangat dan tersenyum tulus? Bila hal ini belum terlihat, paksa diri anda untuk dapat menampilkannnya. Seperti kita tahu bahwa kesan pertama menjadi landasan yang kritis untuk membuat audiens anda mengikuti anda atau meninggalkan anda. Contohnya, setiap saya ingin tampil, di belakang panggung saya sudah mempersiapkan kalimat pertama seperti apa yang akan saya sampaikan? Saya selalu menghindari jokes karena menurut saya tidak tepat dan kebanyakan jokes yang disampaikan oleh para pembicara di awal mereka tampil justru menjadi bumerang bila tidak dapat di terima oleh audiensnya. Anda bisa memilih untuk memberikan apresiasi yang spesifik kepada mereka atau melemparkan sebuah data terbaru yang anda sampaikan secara retorika. Ketika anda merekam dan melihat kembali, perhatikan semua komponen anda dalam berkomunikasi. Intonasi seperti apa yang akan anda sampaikan? Tentunya harus bersemangat yang dengan sendirinya akan memberikan dinamika dari tekanan suara anda. Dan apakah bahasa tubuh anda sudah terbuka?

3. Pikirkan penampilan anda

Tidak semua orang memperhatikan hal ini, sementara berpenampilan menarik akan membuat anda memiliki kepercayaan diri yang lebih baik. Cara berpenampilan mengacu kepada karakteristik/kepribadian anda yang harus disesuaikan dengan lokasi dan acara. Pastikan anda berdandan 1 level di atas audiens anda agar terlihat memiliki otoritas dengan menentukan apakah gaya klasik, modern atau campuran keduanya yaitu edgy yang akan anda pilih. Lihatlah berbagai macam contoh gaya yang anda suka di media sosial dan pilih. Pastikan gaya berpenampilan anda tidak seperti kebanyakan orang dengan gaya yang standar atau berlebihan.

4. Menambahkan gimmick

Ini akan menjadi daya tarik dalam presentasi anda. Sebarlah gimmick seperti menambahkan story telling, data terbaru yang mematikan artinya tidak dapat dibantah oleh audiens anda, jangan lupa menyebutkan sumbernya dari mana, atau memikirkan alat/visual element yang dapat anda bawa sebagai properti. Pastikan semua hal ini anda persiapkan dengan matang. Berapa banyak story telling? berapa banyak data terbaru? Berapa banyak properti yang akan anda tunjukkan? Ini menjadi agenda anda untuk diselipkan dalam alur anda berbicara. Pastikan alur ini menjadi klimaks bukan garis linier. Utarakan di awal introduction seperti apa yang akan anda sampaikan dan benefit apa yang akan anda berikan kepada mereka bila mendengarkan anda berbicara.

4 tips ini sangat mudah bila anda lakukan dengan baik, niscaya anda akan sangat percaya diri dan menarik. Sehingga melakukan 4 saran saya akan membuat anda menemukan sebuah formula/pattern dalam kemampuan anda berbicara. Dengan anda melakukan tips ini akan membuat anda yakin 100 % atas materi dan cara anda menyampaikan. Pastikan informasi yang anda sampaikan bernas, tidak betele-tele atau tidak terlalu banyak informasi yang diberikan, ingat bahwa saat ini kemampuan mencerna sebuah pesan semakin defisit. Buatlah singkat, padat, menjelaskan, memberikan padangan baru, dan disampaikan dengan gaya yang rileks dan menyenangkan. Anda pasti bisa!

WhatsApp Online Chat Support