Oleh Erwin Parengkuan

Kita tahu bahwa dibutuhkan keahlian khusus dalam berbicara di depan publik. Tidak semua orang yang tampil berbicara dapat memikat audiens mereka hingga bertahan sampai akhir mereka bicara. Hanya orang-orang tertentu yang dapat meyihir audiens untuk terus menyimak dan mendapatkan manfaat dari apa yang disampaikan.

Dalam banyak kelas Public Speaking yang saya bawakan, kondisi ini terus terjadi, kira-kira hanya dibawah 10% dari populasi di kelas yang berhasil tampil menarik selebihnya gagal. Kenapa bisa demikian? Sebelum saya menyebutkan 6 tips yang dapat membantu anda menjadi menarik ketika bicara, kita juga harus melakukan investigasi dan riset tentang berapa jumlah wawasan termasuk dari pengalaman bekerja, jam terbang dll untuk diberikan kepada audiens. Pengalaman dan jam terbang tidak serta merta membuat anda menjadi menarik ketika berbicara di depan publik apalagi melakukan presentasi dengan menggunakan slides. Mari saya jabarkan apa saja yang harus dilakukan seseorang agar berbicara memikat.

1. Memberikan manfaat utama yang dibutuhkan audiens
2. Dapat mengatur tempo bicara dengan baik dan menyampaikannya dengan dinamis
3. Menikmati alur yang mereka sampaikan
4. Tidak terlalu banyak pesan yang diberikan, maksimal 3 pesan utama
5. Menampilkan antusiasme yang terlihat dari bahasa tubuh, gestur dan suara ketika berbicara
6. Kreatif dalam membuat alur

6 poin diatas harus anda kuasai dengan baik dengan latihan sebelum tampil minimal 10x dan merekamnya. Kenapa harus 10 x agar anda 100% yakin dengan mengulangnya dan anda tentu akan memiliki pola dari hasil kerja keras anda berlatih, sehingga begitu tampil yang muncul adalah semangat dan percaya diri. Selain itu cara termudah berikutnya adalah melakukannya dengan sungguh-sungguh dan evaluasi cara bicara anda sehari-hari. Adalah sebuah proses panjang dalam setiap hari kita berbicara. Playground ini adalah sarana terbaik anda dalam berlatih. Learning by doing atau bahasa kerennya Experiential Learning. Berani melakukan koreksi dan memberikan penilaian atas hal baik dalam bicara yang sudah dilakukan dan yang belum dilakukan dengan terus menerus meningkatkan level of awareness menjadi meningkat dari waktu ke waktu.

WhatsApp Online Chat Support