Si Kuat dan Si Rinci – Extrovert vs Introvert (part 2)

Kita telah mengetahui dan telah membahas tentang dua tipe kepribadian, extrovert dan introvert, yang dikaji berdasarkan komponen feeling, yaitu Si Gesit dan Si Damai. Menurut Erwin Parengkuan, dalam buku “Understand-inc People” (2017), Si Gesit dan Si Damai adalah dua kepribadian yang menjadi favorit dalam lingkungan sosial. Mereka sangat mudah berteman namun memiliki keunikan karakter masing-masing. Si Gesit dengan energi yang meletup-letup selalu menarik perhatian dan Si Damai yang menyejukkan hati menjadi tempat curhat. Erwin Parengkuan (2017), selain memperkenalkan tipe kepribadian Si Gesit (extrovert-feeling) dan Si Damai (introvert-feeling), juga memperkenalkan Si Kuat (extrovert-thinking), dan Si Rinci (introvert-thinking). Kali ini, kita akan membahas lebih jauh mengenai kedua kepribadian yang selalu bertindak berdasarkan thinking, yaitu Si Kuat dan Si Rinci.

Siapakah Si Kuat dan Si Rinci? Mereka adalah orang-orang yang bertindak berdasarkan thinking. Mereka logis dan analitis dalam berbagai situasi dan kondisi. Akan tetapi sisi extrovert dan introvert menjadikan Si Kuat dan Si Rinci menjadi dua kepribadian yang berbeda. Si Kuat adalah pemikir yang mandiri dan penuh percaya diri. Sisi extrovert dari Si Kuat membuatnya menjadi pribadi yang pemberani dan berprinsip teguh. Namun hati-hati, Si Kuat mempunyai potensi untuk menjadi egois dan agresif dalam berkomunikasi.

Berlawanan dengan Si Kuat, Si Rinci memiliki sisi introvert yang membuatnya lebih memilih menjadi pemikir di balik layar. Si Rinci adalah perencana dan berhati-hati dalam mengambil resiko. Sikap Si Rinci yang sangat berhati-hati ini seringkali membuatnya dianggap lamban bahkan defensif meskipun bukan bermaksud demikian. Menarik bukan, mengenali keempat tipe kepribadian; Si Gesit, Si Damai, Si Kuat dan Si Rinci? Bagaimana dengan anda? Siapakah tipe kepribadian anda? Anda dapat mencoba EPCP® Test (Erwin Parengkuan Communication and Personality Test) dan menemukan tipe kepribadian anda. Anda juga dapat membaca tentang Si Gesit, Si Damai, Si Kuat dan Si Rinci dalam buku “Understand-Inc People: Strategi Taktis Komunikasi Berdasarkan Kepribadian” yang ditulis oleh Erwin Parengkuan (2017).