Struktur dari sebuah speech didalam public speaking merupakan salah satu hal crucial yang harus disiapkan sebelum speech -dimulai, pasti ada pernah mendengar istilah “ngalor-ngidul” yang dalam bahasa Jawa artinya tidak jelas inti nya atau tujuan nya, lompat – lompat topik bahasan nya, maka dari itu, struktur di dalam speech sangat penting. Pada setiap speech, ada 3 hal yang harus diperhatikan yaitu Opening, Content dan Closing.

Yang di maksud dengan Opening adalah Salam, seperti “Selamat Pagi”, “Selamat Sore”, pada saat opening, kita diharuskan untuk bisa menarik perhatian audience, Basa – basi dalam konteks bertanya “Gimana tadi macet ya perjalanan kesini?” “Sudah makan belum?”, Hal tersebut akan membuat audience engage dengan kita dan menjadi lebih relax. Konten juga penting, apakah konten nya berbobot? Sesuai dengan topic yang akan dibicarakan? Dan lain – lain.

Closing bisa di sebut juga summary dari apa saja yang sudah di bicarakan sebelum nya, inti dari semua yang telah dibicarakan, contohnya “Dengan demikian teman – teman, penyakit A tentu saja bisa sembuh jika ditangani dari fase awal, jika sudah mengalami gejala – gejala yang tadi di sebutkan, harap segera mengunjungi dokter, karena harus cepat di tangani” .

WhatsApp Online Chat Support