Bagi saya, Ayang Andriana, mengikuti kelas di TALKINC. sudah menjadi keinginan saya sejak saya duduk dibangku kelas 3 SMA. Saya memang termasuk orang yang “suka ngomong” dan “banci tampil”. Saat itu cita-cita saya adalah menjadi seorang penulis buku atau menjadi seorang TV presenter. Namun setelah lulus SMA keinginan saya itu harus saya urungkan karena orangtua meminta saya untuk melanjutkan studi di Fakultas Kedokteran Gigi. Kuliah di jurusan kedokteran tidak membuat saya melupakan cita-cita terpendam saya, justru saya memulai semuanya dari bangku kuliah.

Beberapa kali mengajukan diri menjadi MC di acara seminar kampus, hingga akhinya tawaran menjadi MC dibeberapa acara jurusan lain, bahkan yang tidak berhubungan dengan kuliah saya di kedokteran gigi saat itu. Tak hanya sampai di ranah kampus, saya seakan tertarik makin jauh di dunia MC, beberapa kali menjadi MC untuk acara Kementrian Lingkungan Hidup, Badan Ekonomi Kreatif, dan juga WWF. Saya semakin tertarik mendalami dunia MC TV presenter.

Setelah lulus kuliah, Alhamdulillah kesempatan untuk menimba ilmu di TALKINC akhirnya datang juga. Saya begitu antusias mengikuti kelas disetiap minggunya. Salah satu kelas yang menjadi favorit saya adalah kelas ‘When Things Gone Bad & Building The Atmosphere’. Pengalaman beberapakali MC untuk acara formal, saya tak luput dari kesalahan yang menurut saya fatal, seperti salah penyebutan nama atau gelar.

Saat kelas berlangsung Kak Robby Purba yang menjadi fasilitator kala itu, benar-benar menularkan ‘positive vibes’ pada seisi kelas. Membuat kami yakin bahwa melakukan kesalahan pada saat tampil diatas panggung adalah hal yang wajar, bahkan untuk MC yang sudah professional sekalipun. Yang harus kita ingat adalah jangan sampai kesalahan kecil saat itu mempengaruhi keseluruhan acara, karena atmosfir positif diri sendiri sangatlah berpengaruh terhadap atmosfir acara saat itu. Tidak hanya itu, tapi juga aura positif itu harus kita mulai dari diri sendiri dan sejak pertama kali kita bangun pagi.

Saya sangat menikmati kelas yang penuh energi positif kala itu. semua yang di sampaikan oleh Kak Robby membuat saya berfikir bahwa dalam melakukan hal apapun, ‘bad things’itu bisa datang kapan saja dan pada siapa saja, namun kita yang harus tau bagaimana menghadapinya. Di TALKINC juga saya belajar untuk MC TV presenter yang ‘berkelas’ dan ‘berisi’ tidak hanya seseorang yang ‘jago ngomong’. Jaya terus TALKINC!

WhatsApp Online Chat Support