Saya Henry Erlande Lika Kelas Reguler Public Speaking Batch 47, selama menjalani kursus di TALKINC, materi favorit saya adalah “When Things Gone Bad”, yang difasilitasi oleh Bona Sandro. Sebagai seorang dengan background psikolog, beliau tahu bagaimana melihat kelemahan dan kelebihan masing-masing anggota, tanpa perlu berasumsi apapun. Dengan hal tersebut, kelas berjalan dengan smooth.

Photo Documentasi : Kelas Reguler Public Speaking Batch 47 sesi Bona Sardo

Kami diajarkan beberapa contoh kejadian jika kejadian buruk terjadi, dan bagaimana cara menyikapinya. Kita juga diajak terlibat untuk menentukan kejadian-kejadian apa yang bisa kita cegah, dan mana yang tidak. Selebihnya kami diajak untuk role play, dimana seorang murid akan berbicara di depan kelas, dan yang lainnya mengambil peran sebagai “pengganggu”. Melihat respon pembicara saat “diusik” oleh audience sangatlah menarik dan sedikit menghibur.

Foto bersama: Henry Erlande Lika – Kelas Reguler Public Speaking Batch 47 sesi Erwin Parengkuan

Kesimpulan yang bisa saya ambil adalah, sebagai pembicara kita mempunyai control yang sebesar-besarnya atas diri sendiri. Faktor apapun yang berasal dari diri sendiri seharusnya bisa diatasi dan dicegah. Namun faktor-faktor eksternal yang sering timbul memang tidak dapat dihindari, sehingga dengan mental dan konsentrasi pikiran yang kuat, kita dapat mengatasi gangguan tersebut dengan baik.

WhatsApp Online Chat Support