Sebagai orang tua, siapa yang suka kebingungan kalau sudah mulai memasuki hari libur anak? Saya termasuk golongan tersebut! Saya merasa bertanggung jawab untuk memberikan pengalaman liburan yang bermakna & tak terlupakan buat anak saya khususnya anak perempuan saya yang pertama.

Keinginan terdalam saya memang mengajak anak bermain dengan alam, namun banyak pertimbangan lain untuk saya dan keluarga. Mengingat anak ke dua saya masih bayi yang sangat rentan dan sensitif kulitnya terlebih adanya pertimbangan cuaca yang tidak menentu lalu saya mengurungkan niat tersebut. Hingga akhirnya sebagai kaum urban, mengajak anak pergi ke shopping mall adalah jurus ninja bagi saya.

Ini tantangan bagi saya sebagai orang tua untuk berpikir kreatif dalam mengemas liburan di shopping mall. Saya coba mengajak bermain anak saya di supermarket dengan trivia quiz (Contoh: coba kamu sebutkan minuman kesukaan Ayah & Ibu!). Permainan lain menyesuaikan dengan favorite corner anak saya yakni seafood corner. Di sana kita bisa melihat ikan yang masih hidup dan ada aneka hewan laut yang masih fresh sehingga bisa sedikit menyelipkan basic knowledge yang berkaitan dengan corner tersebut. Hal itu terlihat sederhana namun membuat anak saya menjadi “getting excited” setiap kali diajak ke supermarket. Syukurlah liburannya jadi menyenangkan & berkesan.

Dari hal ini dapat diketahui bahwa hal terpenting komunikasi bahkan dalam lingkup keluarga adalah observasi, mengenal lebih jauh karakteristik tiap orang dalam keluarga dan menyesuaikan pendekatan sesuai karakteristiknya. Hal ini berlaku juga loh saat kita berkomunikasi dalam lingkup professional, baik saat dengan tim/divisi kita, atau bahkan saat berkomunikasi dengan klien! Melakukan penyesuaian komunikasi yang tepat akan menarik orang lain sehingga dapat membangun hubungan yang lebih dekat, saling percaya, dan berkelanjutan. Coba ingat-ingat, sudahkah Anda mengamati & menyesuaikan gaya komunikasi sesuai lawan bicara?

Ditulis oleh: Fernando Edo
Editor: Alyezca Disya Rahadiz