I know you, You know me, and We are Communicating (to each other)

Judul di atas mirip dengan penggalan lagu anak-anak yang berbunyi “I love you, you love me. We are happy family”, lagu yang sangat ear-catching dan mudah dipahami. Seperti lagu tersebut, kunci dari keberhasilan komunikasi adalah adanya kondisi saling memahami antara pemberi dan penerima pesan.  Dalam melakukan proses pertukaran pesan, tentunya pemberi pesan berharap bahwa maksud dari pesan tersebut dapat dimaknai dengan baik oleh penerima pesan. Hal tersebut dikenal dengan istilah komunikasi efektif, dimana pesan dimaknai sama oleh pemberi maupun penerima pesan. Sehingga informasi tersampaikan dengan sempurna.

Semua orang bisa melakukan komunikasi efektif, karena tidak sulit dan hanya dibutuhkan kebiasaan melatih diri dan menciptakan situasi yang kondusif dalam bertukar pesan. Salah satu hal penting dalam menciptakan komunikasi yang efektif adalah mengenal lawan bicara anda. ‘tak kenal maka tak sayang’ rasanya ungkapan itu cocok untuk membahas tentang lawan bicara. Memahami karakter, status, dan situasi lawan bicara anda akan menentukan bagaimana anda melakukan komunikasi dengannya terutama dalam penggunaan Bahasa.

Sepertinya terlihat sepele bukan? namun hal ini sangat berpengaruh pada bagaimana anda membangun hubungan yang baik dengan lingkungan anda. Usahakan untuk melakukan komunikasi efektif dalam setiap kegiatan komunikasi yang anda lakukan.  Sehingga mampu menunjukan bahwa anda adalah karakter yang positif dan berkepribadian menarik.

WhatsApp Online Chat Support