My Super Power ‘HELLO’

“Ketika memasuki ruangan itu, ia langsung bertanya pada lelaki disampingnya tentang nama, dan dari mana Lelaki itu berasal. Selanjutnya ia tampak asik membicarakan kegiatannya sebelum sampai tempat ini, dengan lelaki yang baru saja ia kenal itu. Pastilah ia adalah seseorang yang ramah, dan menyenangkan.” Ucap seorang teman.

Pernahkah anda mengalami hal serupa? Ketika saat pertama kali bertemu dengan seseorang, anda langsung dapat menilai kepribadian orang tersebut? Itulah yang disebut kesan pertama. Kesan pertama saat bertemu orang lain sering menjadi acuan dalam menilai karakter orang tersebut secara keseluruhan. Lalu,bagaimana bila justru anda yang menjadi ‘kesan pertama’ bagi orang lain? Sudah siapkah menerima label dari kesan pertama yang Anda buat? Pada saat kesan pertama terbentuk, orang lain akan melihat hanya sebagian kecil dari hal-hal yang menggambarkan diri anda. Orang lain akan menilai bahwa karakter kesuluruhan dari diri anda sudah tercermin melalui kesan pertama yang anda buat terhadap mereka.

The Hallo Effect, adalah sebuah istilah tentang bagaimana kesan pertama memberikan kekuatan yang luar biasa terhadap penggambaran karakter anda secara keseluruhan. The Hallo Effect menjelaskan bahwa orang lain, akan cenderung berasumsi mengenai karakter seseorang mengikuti bagaimana kesan pertama yang ia dapatkan saat berkomunikasi dengan orang tersebut. Satu kesan pertama yang positif akan menghantarkan seseorang untuk menilai bahwa orang tersebut memiliki sifat positif lainnya,begitu juga sebaliknya.

Itulah mengapa sebuah kesan pertama sangat berarti dan ‘powerful’ untuk membentuk merek diri anda dihadapan orang lain. Singkatnya,bila anda mengerti bahwa anda akan di-‘labeli’,maka anda lebih baik berhati-hati dan menjaga diri untuk menunjukan karakter yang Anda ingin tanamkan pada benak orang lain di pertemuan pertama dengannya. Dengan begitu, anda akan lebih mudah untuk menunjukan sisi positif lainnya yang ada pada diri anda dipertemuan atau kesempatan selanjutnya. So, are you ready to say your first ‘hello’ ?

WhatsApp Online Chat Support