Berkomunikasi yang baik di dalam Public Speaking tidak hanya mengenai proses pengiriman dan penerimaan pesan, tapi lebih kepada pesan yang dikirimkan sesuai dengan apa yang diinginkan. Dalam berkomunikasi selalu mempunyai tujuan yang diinginkan, baik untuk persuasi, provokasi, informasi, negosiasi, klarifikasi maupun membangun hubungan. Good communication is building engage with people. Komunikasi yang baik adalah dengan membangun hubungan dengan komunikan.

Dengan membangun hubungan dengan komunikan, dapat membuat audiens merasa terikat dengan public speaker. Membangun hubungan dengan audiens penting dilakukan supaya audiens mau mendengar dan memberikan perhatian. Komunikasi yang baik harus memberikan manfaat bagi audiensnya, jelas alur dan tujuannya (alur disini dapat dikatakan sebagai flow of mind) dan harus interaktif. Interaktif dengan audiens menjadi salah satu cara dalam membangun engage with audiens.

Masalah yang kemudian muncul adalah bagaimana cara kita menyampaikan suatu pesan dengan tidak terburu-buru, terlalu panjang dan terlalu banyak. Lebih baik jika penyampaian pesan dilakukan dengan analogi supaya lebih praktis. Penyampaian pesan yang baik dapat dilakukan dengan analogi seperti pendekatan storytelling. Komunikasi yang modern menggunakan teknik bercerita. Diharapkan dengan tips ini, dapat membuat skills komunikasi anda menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

WhatsApp Online Chat Support