Oleh : Erwin Parengkuan

Pandemi Covid-19 telah merubah dunia kita, termasuk metode pembelajaran di dunia ini. Belum tuntas kita “membaca” tentang Disruptive yang terjadi di semua lini usaha dan kehidupan, dimana kita semua dituntut untuk dapat cepat melakukan perubahan yang sangat cepat, meninggalkan cara-cara lama yang tidak sejalan lagi dengan teknologi dan tuntutan perubahan itu sendiri, tiba-tiba wabah ini menambah banyak masalah baru yang kemudian memaksa kita untuk lebih cepat lagi melakukan perubahan. Satu belum tuntas dijalankan, dan pendemi ini datang begitu tiba-tiba, tanpa pemberitahuandan kita kemudian banyak diantara kita tidak siap.

Dari banyak pengalaman yang saya lihat, terhadap para pelaku bisnis dan masyarakat pada umumnya yang memang masih berpola pada cara-cara konvensional, membuat banyak “cara” lama yang tidak dapat bertahan dan mati. Karena Sang Pencipta telah memberikan kita anugerah yang dasyat yaitu akal dan pikiran maka mari kita segera membuatnya, beradaptasi, tahan banting dan tetap mencari inovasi baru yang dapat membuat kita bertahan dalam pekerjaan dan kehidupan.

Dari pengamatan saya, bahwa hal yang tidak akan hilang selama dunia ini ada yaitu interaksi antar manusia dengan manusia, apapun bentuk platform yang digunakan, tetap kita harus berinteraksi. Bahwa akan ada perubahan gaya komunikasi menjadi lebih efisien lagi, tentu! Dari tahun lalu kami di Talkinc sudah mempersiapkan sistem pembelajaran online yang memang trend ini akan makin meningkat, tentu dengan adanya pandemi ini, memaksakan semua orang untuk menggunakan sistem pembelajaran baru maupun cara komunikasi yang baru sesuai dengan tuntutan yang ada.

Yang perlu disiasati adalah kita sebagai individu untuk tetap fokus dalam melakukan interaksi komunikasi online, karena dari pengalaman kami menjalankan metode ini di kelas maupun untuk para perusahaan, adalah peserta harus dapat fokus dan meminimalisir gangguan/distraksi yang datang dari rumah. Beruntunglah kita yang telah mempunyai akses internet, bayangkan puluhan jutaan orang mungkin ratusan juta orang di dunia yang tidak punya akses internet ini, bagaimana mereka bisa stay at home dan belajar dari platform digital?

Untuk anda yang punya fasilitas ini, dapat memaksimalkan pembelajaran dengan menentukan sendiri metode terbaik untuk terus belajar, tentukan waktu yang tepat, tentukan alat-alat yang dapat membantu anda, dekorasi ulang tempat untuk belajar di rumah, termasuk memilih bangku yang nyaman, hindari distraksi, kenali diri, buang hal-hal yang tidak efektif dan tidak penting. Dan terakhir amati pola pembelajaran anda, agar dapat menemukan cara terbaik untuk terus belajar dan memaksimalkan waktu untuk meningkatkan potensi diri.

WhatsApp Online Chat Support