Suara adalah bentuk pengenalan lain dari diri kita. Coba dengarkan orang dengan tipe suara yang beragam, apa yang Anda dapat rasakan dari suara-suara yang Anda kenal? Seperti halnya sidik jari, suara juga merupakan representasi dari seseorang. Bahkan seringkali suara bisa diidentifikasikan sebagai bentuk personifikasi seseorang. Saat kita berkomunikasi dengan seseorang yang baru kita kenal, suara atau vokal akan mempengaruhi penilaian kita terhadap orang tersebut.  Anda bertemu dengan seseorang yang tinggi besar, tapi suaranya ternyata tidak seimbang dengan bentuk tubuhnya. Apa komentar Anda tentang orang tersebut?  Di lain saat anda bertemu orang dengan tubuh kecil tapi ternyata suaranya berat dan tegas.  Dan apa yang Anda dapatkan? Bagaimana ternyata suara berpengaruh terhadap penilaian kita terhadap seseorang?

Bila kita mundur jauh sekali ke belakang diawal tahun sebelum ada bahasa-bahasa di dunia ini, dahulu kita mengenal komunikasi melalui suara yang dikeluarkan.  Intonasi, volume, irama dan penekanan suara sudah cukup menjadi jembatan komunikasi tanpa perlu mengerti bahasanya. Bukankah kita juga bisa memahami maksud dan tujuan binatang hanya dengan mendengarkan suaranya? Kita tahu seekor anak kucing sedang kesulitan (misalnya lapar atau sedang mencari induknya) hanya dengan mendengar suaranya yang memelas. Kita juga bisa tahu seekor gorila sedang marah hanya dengan mendengar geramannya. Bahkan kita bisa menebak seekor binatang sedang kesakitan dengan mendengar suara rintihannya.

Sekarang, kita jadi tahu bahwa suara atau vokal ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar dalam berkomunikasi. Suara bisa membedakan dan bisa jadi berpengaruh terhadap kredibilitas seseorang dimata lawan bicaranya. Bahkan kemampuan vokal bisa berpengaruh terhadap kharisma termasuk karir seseorang. Banyak tokoh besar yang kemampuan bicaranya mampu menggerakan banyak orang. Napoleon walaupun bertubuh kecil tapi dengan kharisma suaranya mampu menggerakan pasukannya untuk menguasai daratan Eropa. Churchill dan Roosevelt yang berpenampilan biasa-biasa saja (Roosevelt bahkan dalam keadaan lumpuh), tapi dengan kemampuan bicaranya mampu menggerakkan jutaan orang untuk maju  berperang melawan Jerman.  Tokoh politik negeri kita seperti Bung Karno pun terkenal sebagai presiden yang kemampuan vokalnya mampu membuat bangsa-bangsa di dunia ini kagum padanya.

Jadi jangan lupa untuk memaksimalkan suara anda sebagai senjata untuk berkomunikasi

WhatsApp Online Chat Support