by admin | Oct 13, 2017 | Principal
Erwin Parengkuan is a Managing Director and Facilitator of TALKinc as well as a certified Professional Coach with extensive experience in the field of communication for more than two decades. He started his career as Radio Presenter back in late 1989 and he was one of the creative team members of Prambors Radio in that period of year. His Career in Entertainment Industry has been going extraordinary well that leads to the opening of communication school together with his colleague Becky Tumewu in year 2004.
Erwin’s expertise in coaching and training has improved many of his apprentices in a variety of communication elements such as presentation skills, vocal controlling, boosting confident, how to dress-up and assess others’ character and personality (based on one of his books ‘Click!’)
Erwin has now become the most reputable public speaker with his continuous success in delivering best advise as Personal Branding Specialist for CEO’s from different types of industry, company owners, politicians, government officials, and public figure.
His value in sharing the knowledge to everyone eventually encourages him to become a writer and 2 national best seller books have been produced which are Talkinc Points (2008) and Smart Eating (2012). Moreover, he had won an International Award from Gourmand and World Cookbook 2014.
Finally, the father of 4 children who like to cook and gardening has a motto, ‘life is a self-actualization’.
by admin | Oct 13, 2017 | Uncategorized
<div style=”margin-left: 20px; margin-right: 20px;”>
<p style=”text-align: Justify; font-family: century gothic;”>Didirikan di Jakarta pada tahun 2007, TALKinc merupakan sebuah institusi pendidikan yang berfokus pada pengembangan keahlian berkomunikasi.
TALKinc menawarkan kesempatan bagi klien, baik institusi maupun individu profesional, dalam meningkatkan kemampuannya di bidang Public Speaking secara umum, maupun kemampuan kemampuan khusus sebagai MC-TV Presenter profesional.
Pendirian TALKinc diprakarsai oleh dua orang presenter sekaligus public speaker yang sudah sangat akrab di dunia siaran, hiburan, dan komunikasi Indonesia, yakni Erwin Parengkuan dan Becky Tumewu.
Hingga kini, keduanya masih aktif menjadi fasilitator dan image consultant di TALKinc.
Selain kedua pendiri tersebut, TALKinc juga memiliki satu tim fasilitator yang terdiri dari individu-individu profesional dengan keahlian dibidangnya masing-masing yang mencakup Psikolog, Public Speaker, Corporate Communication, Customer Service, MC-TV Presenter, Radio Consultant, Fashion Conceptor dan Image Consultant.
Kemampuan para ahli komunikasi ini telah menempatkan Talkinc sebagai sebuah lembaga pendidikan yang semakin diperhitungkan dan menjadi pilihan utama bagi klien institusi dalam pengembangan kemampuan komunikasi para profesionalnya.</p></div>
by admin | Oct 13, 2017 | REGULAR CLASS
Kelas yang diadakan untuk semua individu yang ingin mengembangkan kemampuan komunikasi (MC-TV Presenter dan Public Speaking)

by admin | Oct 13, 2017 | REGULAR CLASS
Kelas yang diadakan setiap hari Selasa dan Kamis pukul 18.30 – 21.00, untuk semua individu yang ingin mengembangkan kemampuan komunikasi dan presentasi (Public Speaker)

by admin | Oct 12, 2017 | program regular class
Weekend Class adalah kelas yang diadakan setiap hari Sabtu untuk semua individu yang ingin mengembangkan kemampuan komunikasinya.
1 kelas maksimal 15 orang.
(more…)
by admin | Sep 28, 2017 | Uncategorized
by admin | Sep 19, 2017 | Information, News
Kita tentu pernah melihat sebuah tayangan iklan yang sangat berkesan dihati sehingga tergerak untuk membeli produk yang diiklankan atau paling tidak selalu teringat tayangan tersebut setiap kali melihat produknya terpajang di supermarket.
Dalam Public Speaking pembicaraan yang efektif adalah yang seperti tayangan iklan itu melekat kuat di benak pemirsa karena hasil menyentuh emosi mereka. Dengan menciptakan emosi yang cukup dan terus menerus membangkitkannya saat presentasi berlangsung, hadirin akan mengingat emosi tersebut ketika mereka melihat produk atau subjek yang telah anda presentasikan. Perasaan-perasaaan tersebut akan secara dramatis meningkatkan kemauan hadirin untuk melakukan tindakan yang anda harapkan.
Emosi adalah bagian sangat penting dalam Public Speaking. Bila anda seorang salesman, misalnya tidak cukup anda memilik penguasaan tentang produk yang anda jual, anda juga harus pandai membangkitkan emosi calon pembeli. Mengapa? Karena keistimewaan dan manfaat produk adalah bahasan dalam menjual, sedangkan emosi adalah bagaimana hadirin tergerak atau memutuskan untuk membeli produk anda.
Pembicara yang sukses biasanya menggunakan cerita untuk menciptakan emosi, membangun emosi, dan menacapkannya dengan kuat di hati hadirin.
Cerita dapat mengikat perasaan-perasaan hadirin secara kuat. Bila anda pernah menceritakan sebuah kisah dengan unsur perasaan, atau menceritakan pengelaman emosional kepada orang lain, hal ini akan efektif, baik dalam interaksi singkat yang hanya satu menit maupun dalam presentasi satu jam.
by admin | Sep 18, 2017 | Information, News
Seperti kita tahu millenials adalah generasi yang totally different than any other generations before, maka pelatihan yang dilakukan TALKINC khususnya kepada 1200 peserta Calon Pegawai Staff OJK pada Oktober-Desember 2016 adalah membekali mereka dengan mengetahuan tentang konsep diri, mengenali mereka tentang siapa mereka? Dan apa yang ingin dibangun berdasarkan konsep tersebut yang dikaitkan dengan potensi diri serta bagaimana mereka menilai diri (self image), berinteraksi dengan lingkungan (social image) dan menampilkan citra diri yang sesuai dengan pandangan lingkungan kepada mereka. Biasanya antara self image dan social image terkadang tidak sama pandangan. Misalnya seseorang menganggap dirinya sudah bersemangat ternyata dari pandangan social image dianggap moody. Kegiatan role play di dalam kelas, peserta maju dan menjelaskan siapa dirinya, menimbulkan kesan “first impression” apakah sama dengan yang ditampilkan vs dipandang orang lain.
Ini menjadi pelajaran penting bagaimana seseorang dapat “grow” dengan selalu mempunyai “self evaluation” yang dilakukan dari waktu ke waktu.
Adapun materi lainnya yang diperlukan adalah mempertajam personal branding mereka agar tepat sesuai tempat dimana mereka bekerja yang dikaitkan dengan core value perusahaan. Contoh Pribadi yang cuek tidak akan sesuai dengan budaya perusahaan yang peduli terhadap customernya. Disinilah fungsi pelatihan yang dilakukan untuk menyadarkan mereka akan pentingnya pengenalan diri dan secara konsisten membangunnya. Hal ini pernah kami bahas dalam buku kami Personal Brand-inc stategi taktis bertahan di karir yang kami buat pada tahun 2014.
Beberapa modul kami di kelas juga meningkatkan rasa percaya diri, dan berbicara dengan tepat dan terstuktur dalam pemilihan kata yang sesuai. Seperti kita tahu millenials mempunyai tendensi bicara pendek-pendek, seperti ok, ok ok..dalam setiap menjawab pertanyaan maupun dalam bahasa tulisan.
Kami mempertajam kelancaran verbal mereka dengan mengingatkan bahwa ada tujuan komunikasi dan pemilihan kata yang harus disampaikan dengan baik, sehingga komunikasi memenuhi aspek 3T : Terarah, Tuntas dan Tidak menimbulkan Tanda tanya.
Tantangan bagi sebagian Millenials yang minim bicara menjadi sulit dalam membangun hubungan dengan audience, sehingga diperlukan juga kemampuan untuk membangkitkan gairah dalam melakukan pembicaraan dengan audience tanpa sibuk dengan gadget dan belajar cara menghargai lawan bicara, khususnya dengan generasi Baby Boomers. Saran saya adalah: buang asumsi tentang generasi Boomers adalah generasi bapuk/jadul yang sulit diajak bicara. Justru mereka harus “Mapping” tentang siapa mereka, dan “Profiling” sehingga terjadi sinergi, mari mulai berkomunikasi dengan respect, membuang dokma-dokma negative dan mulai membangun hubungan yang horizontal, bahwa bicara dengan para senior khususnya baby boomers akan memperkaya pengetahuan dan mendapatkan nilai-nilai teguh yang dipegang mereka sehingga generasi millenials akan menjadi generasi digital yang mempunyai rasa empathy yang didapatkan dari boomers, di situlah mereka akan menonjol, manakala teman-teman mereka masih acuh, tapi mereka tidak!
Mari take Action!
by admin | Sep 8, 2017 | Information, News
Mengikuti kelas MC & TV Presenter di TALKINC di batch 88 menjadi pengalaman dan pelajaran yang sangat berkesan dan bermanfaat bagi saya yang ingin menjadi seorang MC dan presenter yang professional. Dari semua materi yang diajarkan, materi favorit saya yaitu pada encounter 3 atau tentang First impression dan juga teaming with partner yang pada saat itu disampaikan oleh Ka Robby Purba.

Menurut saya first impression yang sangat penting untuk menciptakan profesionalitas kita sebagai seorang MC/Presenter, karena image terhadap audiens ditentukan pada dua menit pertama kita dalam membuka suatu acara. First Impresions juga penting untuk menjaga hubungan baik kepada stakeholders, karena ada poin-poin yang harus kita jaga sebagai seorang professional MC dan presenter dalam pembentukan brand image yang baik. Pada materi teaming with your partner kita juga diajarkan untuk tidak menjadi partner yang dominan atau memonopoli bagian partner kita pada saat tampil. Proses reading script juga sangat penting untuk mengetahui bagian kita dan partner sebelum memulai acara.

Kelas yang saat itu dimentori oleh Ka Robby purba merupakan kelas yang paling berkesan dari kelas-kelas lain yang pastinya tidak kalah seru dan menyenangkan. Pada pertemuan kelas itu berkesan karena kita diajarkan untuk bagaimana tersenyum melalui mata dan body language kita, lalu diberi tugas untuk membuat script kuis sponsor yang sebelumnya kita juga telah diberikan contoh script asli dr acara tv jadi lebih jelas memberi gambaran untuk tau seperti apa script yang baik dan benar. Dan Fun Challenge kita terakhir pada kelas saat itu, kita harus bisa mempresentasikan suatu produk dengan first impression kita masing-masing dan produk yang secara acak diberikan oleh mentor kita dalam waktu yang sangat singkat untuk bagaimana menarik audiens dengan produk yang diberikan pada saat itu. It was fun and challenging untuk kita bersama-sama koreksi dan bagaimana menjadi seorang MC dan Professional TV Presenter.
by admin | Aug 23, 2017 | Information, News
Faktor penting yang membuat seseorang sukses dalam hidup
Kita tahu IQ bukanlah faktor utama yang membuat orang berhasil dalam hidupnya. Buktinya teman-teman yang dulu pintar dengan nilai yang tinggi di sekolah ketika dewasa tidak lebih sukses dari mereka yang nilainya biasa-biasa saja di sekolah.
Emotional quotient adalah kecerdasan seseorang dalam mengolah “rasa” serta efektif menerapkan ketajaman emosi dan tingkat kolaborasi yang tinggi.
Adalagi, SQ (spiritual quotient) bagaimana manusia bergantung kepada kekuatan lain yang lebih tinggi darinya yaitu : Allah sang pencipta.
Tentu jawaban saya adalah EQ, karena disana terdapat kemampuan mengolah “rasa” dimana seseorang dituntut untuk paham siapa dirinya. Dalam teori yang gunakan di sekolah kami TALKINC adalah sesuai buku Understandinc People yang saya tulis dan saat ini sudah menjadi National Best Seller.
Melihat makna lain yang ada di EQ tertulis kolaborasi yang tinggi menurut saya ini menjadi faktor penentu yang tidak kalah penting. Manusia hakekatnya adalah mahluk sosial yang harus dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Dia tidak solitare tetapi menjadi flexible terhadap lingkungan sekitar, khususnya hal yang berhubungan dengan kesuksesan yang ingin dicapai. Ini termasuk branding apa yang ingin ditampilkan dan kemampuan untuk beradaptasi dengan efektif dan berkomunikasi dengan tepat.
Nah rasanya terjawab orang yang cerdas = sukses, orang pintar hanya untuk nilai di sekolah.
Memasuki dunia digital saat ini, ada tantangannya baru bagaimana kita dituntut menjadi berbeda dari orang lain, sehingga menjadi menonjol, selain karena faktor values, skill, behaviour terdapat juga faktor pendukung lainnya yaitu : total look , authentic (apakah sesorang tulus atau KW) dan uniqueness ( Buku Personal Brand-inc 2015). Dan semua itu tentu tidak akan berhasil kalau hanya rencana. Dia harus direalisasikan supaya Terlihat! Jawabannya menurut saya adalah : untuk menjadi sukses kita harus menciptakan kebiasaan yang baru mulai sekarang! Yuk.
Erwin Parengkuan
Founder and Managing Director
Talkinc
Jl Kendal no 18 A-B
www.talk-incorporation.com