Faktor penting yang membuat seseorang sukses dalam hidup

Kita tahu IQ bukanlah faktor utama yang membuat orang berhasil dalam hidupnya. Buktinya teman-teman yang dulu pintar dengan nilai yang tinggi di sekolah ketika dewasa tidak lebih sukses dari mereka yang nilainya biasa-biasa saja di sekolah.

Emotional quotient adalah kecerdasan seseorang dalam mengolah “rasa” serta efektif menerapkan ketajaman emosi dan tingkat kolaborasi yang tinggi.

Adalagi, SQ (spiritual quotient) bagaimana manusia bergantung kepada kekuatan lain yang lebih tinggi darinya yaitu : Allah sang pencipta.

Tentu jawaban saya adalah EQ, karena disana terdapat kemampuan mengolah “rasa” dimana seseorang dituntut untuk paham siapa dirinya. Dalam teori yang gunakan di sekolah kami TALKINC adalah sesuai buku Understandinc People yang saya tulis dan saat ini sudah menjadi National Best Seller.

Melihat makna lain yang ada di EQ tertulis kolaborasi yang tinggi menurut saya ini menjadi faktor penentu yang tidak kalah penting. Manusia hakekatnya adalah mahluk sosial yang harus dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Dia tidak solitare tetapi menjadi flexible terhadap lingkungan sekitar, khususnya hal yang berhubungan dengan kesuksesan yang ingin dicapai. Ini termasuk branding apa yang ingin ditampilkan dan kemampuan untuk beradaptasi dengan efektif dan berkomunikasi dengan tepat.

Nah rasanya terjawab orang yang cerdas = sukses, orang pintar hanya untuk nilai di sekolah.

Memasuki dunia digital saat ini, ada tantangannya baru bagaimana kita dituntut menjadi berbeda dari orang lain, sehingga menjadi menonjol, selain karena faktor values, skill, behaviour terdapat juga faktor pendukung lainnya yaitu : total look , authentic (apakah sesorang tulus atau KW) dan uniqueness ( Buku Personal Brand-inc 2015). Dan semua itu tentu tidak akan berhasil kalau hanya rencana. Dia harus direalisasikan supaya Terlihat! Jawabannya menurut saya adalah : untuk menjadi sukses kita harus menciptakan kebiasaan yang baru mulai sekarang! Yuk.

Erwin Parengkuan
Founder and Managing Director
Talkinc
Jl Kendal no 18 A-B
www.talk-incorporation.com

WhatsApp Online Chat Support