Speak Up!

SPEAK UP!

Hai semua,

Public speaking sudah bukan hal asing lagi bagi kita semua. Jangan hanya membayangkan sebuah acara besar dengan ribuan audiens dan Anda berbicara di sebuah stage. Public speaking sangatlah luas, bahkan presentasi pelajaran yang dilakukan oleh anak sekolah pun merupakan salah satu bentuk public speaking. Maka tentu saja ketrampilan public speaking yang baik wajib dimiliki oleh setiap orang yang hidup di jaman sekarang. Namun masih banyak orang yang bermasalah dengan public speaking. Ketika tiba-tiba harus berhadapan dengan orang banyak atau tiba-tiba ditunjuk untuk memberikan pidato, demam panggung sudah pasti langsung melanda.

Erwin Parengkuan berbagi tips dan trik untuk tampil di depan umum pada majalah Campus Life edisi Maret 2012. Penasaran? Keep reading this post ya 🙂

Presentasi Diri

Kenali Diri Dulu

Untuk jadi PD, mula-mula harus kenali diri baik-baik. Pahami apa kekurangan dan kelebihanmu. Lalu, perkuat kelebihanmu, tunjukkan pada semua orang, jadi kamu tuh menarik. Ini yang bisa menutupi kekuranganmu. Berpikirlah, bahwa karena kamu sudah melakukan yang terbaik, so kamu akan tampil oke.

Berinteraksi dengan Audience

Tampil Nyaman dan Rileks

Rileks dan santai sajalah, yang penting nyaman. Gunakan kostum dan dandanan yang enggak bikin kamu salah tingkah. Usahakan dandanan jangan membatasi gerak. Pilih posisi dan gaya sesuka kamu yang penting kamu nyaman deh!

Menyiapkan Materi

Persiapan Cukup

Entah kamu sebagai MC, atau kamu harus presentasi atau kamu sekadar ngasih sambutan pidato, baiknya siapkan materi dengan baik. Kalau perlu, bikin catatan kecil, yang isinya: Bagaimana openingnya, tema apa yang akan dibicarakan, sub temannya apa aja, kesati, kedua dn seterusnya. Lalu, pilih gaya closing yang menurutmu paling oke. Jangan lupa, pilih kata-kata yang sesuai kondisi sosial dan ekonomi audience.

Menggunakan Hafalan

Improvise

Hafalan, kenapa tidak? Kalau perlu, kita mesti hafal materinya. Tapi ditambah improvisasi biar speech kita tidak boring. Setelah bikin catatan kecil yang inti, kamu bisa searching materi tambahan. Bisa nyari quotations, teori-teori atau kata-kata bijak. Biar pidato kita variatif aja.

Bahasa Tubuh

Sinergikan

Perlu sinergi antara bahasa tubuh dan bahasa lisan. Tatapan mata, gerak bibir, alis tangan, bahkan semua anggota tubuh bisa dimanage. Caranya: Be positive thinking. Cobalah bersikap tenang. Bersikap respect meski dalam hati tak setuju. Lalu, tersenyumlah. Lakukanlah semuanya dengan ketulusan.

Latihan Sebelum Bicara

Persiapkan mental

Sambil menghafal materi, cobalah latihan di depan cermin. Yang tak kalah pentingnya adalah kamu harus siap mental. Siapkan mental bahwa kamu bisa, kamu atraktif. Siapkan mentalmu untuk tetap PD, kalau-kalau terjadi sesuatu di luar dugaan. Yang penting, keep to be positive and confident!

Dikutip dari Campus Life Magazine edisi Maret 2012. Speak Up! How Public Speaking is Done Two Experts Tell You All! (pg. 76-77)

WhatsApp Online Chat Support