In Communication, which one is better : Introvert, Extrovert or Ambivert?

Oleh : Erwin Parengkuan

Dalam sebuah sesi coaching, seorang leader menyambut saya dengan sangat terbuka, begitu sesi pertama kami mulai, betapa menyenangkannya Ia sangat terbuka dengan materi tentang komunikasi yang kami hadirkan. Ia lantas bercerita tentang pengalaman hidupnya, tidak hanya menjadi pemimpin di organisasinya, tapi juga didaulat menjadi ketua dari organisasi keagamaan yang Ia anut. Ketika seseorang “haus” mereka akan seperti sponge yang akan menerima semua masukan dan informasi dengan baik. Ketika saya memintanya untuk menyampaikan materi presentasi, sifat keterbukaannya kemudian berubah 160 derajat. Bicaranya kaku, pendek dan tidak ada gesture yang terbuka.

Kita memang kompleks, ketika kita nyaman dengan situasi yang dihadapi akan sangat menyenangkan dalam menyampaikan sebuah pesan. Tapi bila kita takut melihat jumlah peserta, semakin banyak peserta yang hadir, akan semakin takut seseorang untuk bicara di depan publik. Bagaimana seorang yang extrovert bisa mendadak menjadi introvert, begitupun sebaliknya seseorang yang introvert ketika bicara akan menjadi sangat kaku, tapi ketika berjumpa dengan teman sepergaulannya mendadak berubah menjadi pribadi yang extrovert?

Bagaimana dengan seseorang yang berada di dua kubu extroversion dan introversion? Mereka akan sangat lentur membawakan diri. Pertanyaannya, siapa yang akan lebih sukses dari ketiganya dalam mengendalikan diri, membangun hubungan dalam berkomunikasi? Apa betul orang extrovert akan selalu menjadi sales yang baik dalam menjual idenya, dibanding yang introvert? Dari data yang data yang saya dapatkan, orang introvert maupun extrovert tidak akan bertahan lama dalam membangun hubungan dalam komunikasi, karena satu sangat pendiam dan satu dangan tidak bisa berhenti bicara. Dan Ini sebuah kegagalan besar yang sering terjadi.

Kembali kepada si bapak yang saya coaching, lantas materi saya hentikan, karena ternyata masih banyak “unfinished business” yang belum tuntas. Sehingga kami perlu mendiskusikan bagaimana seseorang dapat memiliki kesadaran penuh dalam diri dan berdamai dengan masa lalunya. Ketika kita bertemu dengan orang yang penuh dengan masalah, sudah pasti orang tersebut akan menjadi gagal dalam membangun hubungan. Dan orang yang kita jumpai tentu tidak ingin tahu masalah yang kita alami, sehingga kita harus dengan taktis dalam melupakannya sejenak, agar dapat fokus memperhatikan lawan bicara. Kita tahu bahwa orang yang bahagia akan menjadi orang yang menyenangkan di lingkungannya dan selalu dicari kemana mereka pergi. Bisakah kita bahagia? Tentu, karena bahagia itupun adalah pilihan. Kita bisa kok memilih untuk bahagia atau tidak. Yang perlu diingat adalah komunikasi yang berdampak akan datang dari hati yang bahagia, dan kita akan dengan sendirinya menjadi bersemangat ketika berkomunikasi dan apalagi memberikan data terbaru yang bermanfaat buat audiens kita.

Ambivert adalah mereka yang terbuka, bisa menikmati proses dan menghargai lawan bicara, dan di satu sisi mempunyai kemampuan analisa yang baik. Istilah ini ditemukan pada tahun 1920an oleh seorang psikolog Amerika dari Pennsylvania University bernama Dr Grant. Ambivert adalah orang-orang yang lebih sukses dalam menjalankan kehidupan ini dibanding orang introvert maupun extrovert. Mereka mudah beradaptasi, dapat mengendalikan diri menjadi extrovert maupun introvert di saat yang bersamaan, senang bersosialisasi juga nyaman hidup menyendiri. Bagaimana caranya kita bisa menjadi seperti mereka? Jawabannya mudah yaitu dengan melatih diri. Mulai menyapa lawan bicara terlebih dahulu. Tahukan anda, bila kita yang memulai pembicaraan terlebih dahulu, kita yang akan mengendalikan situasi. Buat yang extrovert terlalu banyak bicara, coba tahan diri, gunakan jeda lebih banyak untuk memberikan kesempatan lawan bicara lebih kita dengar pendapatnya.

Semua adalah bagian dari sebuah proses panjang yang selalu kita jalankan dalam keseharian kita. Mulailah membuat list mengatur kebiasaan baru, buatlah check list, monitoring akan merubah kepribadian kita menjadi ambivert. Ketika kita punya tujuan, tentu keseharian kita akan penuh dengan hal-hal yang membuat kita bertumbuh, dan pastinya akan membuat kita selalu tertantang. Yang akhirnya membuat semua orang dapat mahir berbicara dan membangun hubungan. Jangan lupa untuk bahagia dan berdamai dengan masa lalu, karena tidak ada satu manusia di dunia ini yang bebas masalah. Selama kita masih membuka mata, masalah selalu ada, kritikan selalu ada, tapi kita sekali lagi dapat melihatnya dari “kacamata” yang positif bahwa ini adalah tantangan bukan sebuah malapetaka. Toh, semua yang kita alami dan dapatkan di dunia ini, selalunya sifatnya sementara. Ada saat senang, sedih, kontemplasi, untuk maju dan terus berjuang.

Have a Strong Knowledge or Use Your Imagination

Oleh : Erwin Parengkuan

Tidak bisa dipungkiri, ketika kita mempunyai wawasan yang luas kita akan mampu menghasilkan sebuah gagasan dan jalan keluar yang terbaik dalam melakukan sebuah keputusan dan mengendalikan hidup dan karir yang kita bangun serta jalankan saat ini. Bayangkan, seseorang yang minim info, tidak dapat memperbaiki hidupnya. Contoh, belum lama ini saya berada di Lembang dan berhenti membeli beberapa buah kelapa untuk di minum. Saya bilang kepada pemilik warung untuk tidak menggunakan kantong plastik, lantas ia bertanya kenapa? Saya bilang plastik itu merusak lingkungan dan mencermari lautan kita. Ia pun tertawa sambil menatap saya penuh heran. Ada sepasang suami istripun yang menikmati es kelapa muda di warung itupun tertawa kecil melihat penjelasan saya.

Hahaha sayapun kembali menjelaskan dampak plastik sekali pakai kepada mereka, tapi rupanya hal ini tidak dimengerti oleh mereka dengan pendidikan yang terbatas. Sayapun ingat cerita ketika saya berkunjung ke sebuah daerah di So’e di Timor Tengah Selatan, NTT, dalam kunjungan saya bertemu dengan masyarakat sekitar melihat kehidupan yang sulit, dan mereka tidak percaya bahwa suhu yang terik disana dapat diusahakan untuk membuat ladang sayur, tapi karena kondisi tanah yang kering dan tidak ada pupuk yang dapat membuat ladang mereka tumbuh subur. Lantas, organisasi yang mengundang saya menginformasikan kepada penduduk disana untuk membuat pupuk buatan yang organik dengan memanfaatkan sisa bahan makan, termasuk sayur yang sudah tidak terpakai berikut kulit buah untuk dijadikan pupuk organik. Sayangnya informasi ini tidak dipercaya oleh mereka, lalu organisasi ini mengutus seorang ahli pupuk organik datang dan mengajarkan mereka, mencontohkannya, mereka melihat pupuk ini jadi dibuat dan menamburkannya di lahan tersebut, selang berapa lama, kebun merekapun tumbuh subur.

Dari dua cerita saya diatas, jelas terlihat, betapa wawasan atau pengetahuan yang kita miliki yang kita dapati dimana saja, akan membuat hidup kita menjadi lebih mudah. Contoh kecil diatas, adalah sekelumit dari perjalanan seseorang dalam membangun kehidupan dan karir yang lebih baik. Sayangnya di zaman yang serba penuh informasi ini, kita justru menjadi lebih “keder” bahkan malas untuk memburunya, di tambah banyak informasi negatif/hoax membuat kita bertambah cemas dan tentu malas. Bila kita mencari di dunia digital, sebut saja seperti yang ada di www.tedx.com, pinterest, master class atau laman-laman yang bermutu, anda akan menyadari bahwa terlalu banyak hal yang tidak kita ketahui banyak tersebar dimana-mana, kita tinggal mencarinya dan menelusurinya, menganalisa dan mempraktikannya yang akan membuat kita untuk terus mengasah kemampuan diri dari waktu ke waktu dan akan meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik lagi dengan pengetahuan baru yang akan membukakan cakrawala kita. Bayangkan dalam konteks komunikasi kalau kita minim info, bagaimana kita dapat menyusun sebuah kalimat kepada lawan bicara kita dan “menaklukkan” mereka. Kosa kata yang terbatas akan membuat seseorang sulit menterjemahkan apa yang ada di benaknya.

Kita sudah tidak hidup di zaman batu dimana kita menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi. Dunia yang luas juga sempit, karena informasi begitu cepat menyebar, dan kita mutlak menyaringnya sebelum “meminumnya” membuat kita dapat mengimbangi diskusi atau komunikasi kita menjadi setara dengan mereka-mereka yang berwawasan luas. Tapi apakah seseorang dengan wawasan yang terbatas tidak dapat menciptakan sebuah gagasan atau prestasi? Bagaimana dengan zaman dulu kala, ketika tidak ada informasi seperti sekarang? Apakah artinya tidak ada informasi sama dengan tidak ada proses penciptaan? Tapi kenapa ada Piramida? Kenapa ada Spinks, kenapa ada banyak monumen bersejarah yang dibuat manusia dengan sangat iconic tercipta dari zaman dahulu kala? Sedangkan di zaman itu tidak ada informasi? Tidak ada tedx.com? Pinterest atau Master Class? Kenapa juga ada candi Buddha terbesar di dunia ada di negara kita dengan 1.460 relief dan 504 stupa Buddha? Darimana bangsa Sayilendra dapat membuat bentuk-bentuk yang monumental? Jawabannya bukan informasi atau surat dari surga, melainkan dari sebuah kata imaginasi. Kita manusia memiliki imaginasi yang sangat kaya. Sepeti Steve Jobs yang melihat bentuk apel dan menjadikannya logo perusahaan yang sangat powerful. Imaginasi dapat kita peroleh dari mengamati alam dan bentuk-bentuk alamiah di sekeliling kita.

Bagaimana banyak hasil karya dari para inventor dan seniman besar di dunia ini yang sukses dengan imaginasi yang mereka miliki? Bayangkan, Bila imaginasi ditambah dengan informasi yang tersedia saat ini betapa ini akan menjadikan kekuatan yang sangat mumpuni. Mari kita cari hanya informasi yang penting dengan sumber yang terpercaya yang akan membuat diri kita tumbuh subur seperti ladang sayur di So’e sana. Dengan catatan, imaginasi yang kita miliki harus dibuat dengan hati yang gembira tanpa beban. Karena kalau seseorang penuh derita tentu tidak akan dapat menghasilkan sebuah imaginasi yang berbobot seperti Candi Borobudur kita.

Find Your Missing Piece

Oleh Erwin Parengkuan

Dalam sebuah sesi online belum lama ini, seorang peserta bertanya kepada saya kenapa kok setiap bicara terlihat sangat bergairah? Ia lantas menyimpulkan bahwa saya sudah menemukan apa yang saya suka dalam menjalankan pekerjaan saya. Saya kemudian bercerita kepadanya bahwa untuk sampai ke titik ini, saya tidak pernah berhenti berproses. Tepat sekali dengan judul artikel kali ini untuk anda yang sedang galau menjalani pekerjaan anda. Kalau kita mencarinya terus menerus kita akan mendapatkan apa yang kita ingin lakukan dan sukai.

Saya kemudian flashback di akhir tahun 90’an, tepatnya ketika sudah menikah, perusahaan EO yang sudah dirintis 5 tahun akan membuat TV Cable di Belanda, sayangnya ketika perusahaan ini akan segera up and running, krisis moneter melanda negeri ini. Kalau saya ingat, di moment itu, saya juga sangat excited dengan kehidupan baru yang akan saya jalani. Bayangkan, ada di negeri 4 musim, mempunyai kegiatan yang bertolak belakang dengan apa yang selama ini saya jalani. Berada di balik layar, Sungguh menyenangkan! Tapi ternyata harapan tinggal harapan, ia pupus dan menguap sangat cepat. Saya kemudian kembali ke dunia broadcasting, siaran lagi, masuk TV lagi, dll. Sampai ketika 17 tahun yang lalu, ketika karir masih gemilang di panggung entertainment, saya melihat kesempatan lain untuk membuka sekolah komunikasi yang terus bertumbuh hingga sekarang. Berproses terus itu yang saya lakoni, tanpa lelah, terus dan terus.

Kemudian saya menjadi pengajar, coach, dan penulis buku. Waduh, ini juga sesungguhnya tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Saya hanya tidak pernah berhenti mencari, menggali, terus penasaran akan apa yang saya lihat dan ingin ketahui.

Kita manusia memiliki sifat dasar yang tidak pernah puas, kalau ini yang kita bina terus, dalam konteks pencarian the missing piece, saya percaya semua orang akan menemukannya. Perbanyaklah rasa penasaran akan hal baru yang belum kita ketahui, perbanyaklah waktu diskusi dengan diri sendiri, be truthful to yourself. Tanyakan apa ini yang menang benar kita suka? Adakah alternatif lain yang membuat kita lebih bergairah?
Salah satu “engine” lainnya yang perlu kita miliki adalah memperbanyak wawasan dengan membaca buku. Contoh ini selalu memberikan inspirasi yang sangat kaya kepada saya. Banyak orang bertanya bagaimana caranya mengetahui buku bagus yang akan kita baca? Kalau saya, mengandalkan Pinterest yang dapat kita unduh di google play, dan tinggal ketik New York Best Selling Book, disana bertebaran buku-buku terbaik dunia. Semua disiplin ilmu ada disana. Dan ketika kita membaca banyak judul yang menarik, buka juga nama-nama penulisnya direkam jejak digital mereka. Tentu ini akan membantu kita lebih kenal dan penasaran dengan sang penulis buku.

Manusia yang terus berproses tanpa henti akan menemukan jalan yang tepat. Kita tentu tidak ingin seperti Colonel Sanders yang baru menemukan passionnya setelah ia pensiun. Itu terlalu lama menurut saya, walaupun akhirnya sukses membuka resto cepat saji pertamanya setelah menawarkan resep ayam goreng sang nenek ke 1.000 pintu yang ia ketuk. Inipun membuktikan kepada kita tentang proses panjang dan tidak pernah mengenal kata terlambat untuk memulai sesuatu yang kita suka dan ingin tahu. Dan bila anda berpikir saat ini bukan waktu yang tepat, percaya deh, tidak ada waktu yang sempurna dalam setiap kesempatan.

Saatnya sekarang anda cari, sebelum terlambat, sebelum anda tua dan tidak memiliki gairah lagi. Jangan pernah berhenti melangkah, gali terus potensi diri, lihat trend kedepan akan seperti apa bentuk dunia nanti. Seorang teman pernah juga mengatakan kepada saya “kita tidak perlu membuat sesuatu yang belum pernah ada di dunia ini, cukup mengembangkan yang sudah ada, yang biasa menjadi luar biasa itupun sudah keren banget.” Dan saya sangat sependapat dengan kalimat yang ia ucapkan. Oh ya, satu lagi yang terpenting, tindakan akan mengalahkan sebuah ketakutan, so be true to yourself!

Leadership from Within

Oleh Erwin Parengkuan

Pernah mengagumi bagaimana seorang pemimpin yang bijak memimpin perusahaannya dan membawa setiap orang bertumbuh secara kepribadian dan keahlian? Sehingga perusahaan tersebut dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Kalau saya amati seorang leader yang benar harus memiliki 2 kualitas utama yaitu menjadi mentor yaitu seseorang yang melatih dan memberikan instruksi, juga harus berfungsi sebagai coach yang membantu setiap teamnya memiliki kesadaran akan fungsinya di pekerjaan dan secara terus menerus melakukan pendampingan yang dapat membantu anggotanya mempunyai motivasi yang besar untuk terus meningkatkan kapasitas diri.

Dari penjelasan di atas, kita tentu sekarang dapat melihat di sekeliling kita, mana pemimpin yang memiliki kualitas yang benar sebagai seorang mentor dan coach. Menurut pandangan saya, seorang pemimpin yang benar bila kita ingin liat kualitas pribadinya, harus kita cek apakah ia di rumah dapat juga menjadi pemimpin yang baik? Kenapa? karena bila seseorang tidak dapat memimpin masyarakat yang paling kecil yaitu keluarganya sendiri, rasanya sulit seseorang dapat menjadi pemimpin dikantornya. Kalau memimpin anak sendiri tidak sanggup, bagaimana bisa memimpin anak orang lain yang tentu berbeda pemahaman, kebiasaan dan kultur?

Dari pengalaman yang beragam bertemu para pemimpin hebat dalam pekerjaan saya sebagai public speaking coach, sering kali sesi berlangsung di rumah mereka, saya kemudian dengan seksama mengamati pola komunikasi mereka dengan semua anggota keluarganya. Ada yang terasa sangat harmonis, ada yang memang terlihat kaku/otoriter, atau terlalu baik. Leader yang benar menurut saya mutlak untuk dapat mengendalikan diri dan ego-nya. Seorang kawan, bercerita tentang seorang leader besar.

Yang ia lihat dirumahnya sangat tempramental dan tidak sabaran. Untuk hal-hal kecil saja, ia dapat menggebrak meja karena sambal yang ditunggu di meja makan belum juga datang. Leader besar ini-pun ternyata diluaran sana sama saja perangainya. Pemarah dan terlihat dari ekspresi wajahnya bila tidak suka dengan sesuatu/seseorang.

Wajahnya memerah, memendam perasaan marah dan itu tertangkap dari ekspresi wajahnya. Saya lantas mencari beberapa nama yang sukses sebagai pemimpin di kantor juga sukses memimpin keluarganya. Seperti Nelson Mandela, Obama, John C. Maxwell, Anthony Robbins dst. Margaret Thatcher tidak sukses mendidik anaknya yang kembar, Bill Clinton tidak sukses di dalam rumah, juga banyak leader/pemimpin di negara ini.

Sebuah istilah : work-life balance yang sudah lama ada ternyata kurang tepat menurut saya, karena hanya mementingkan pekerjaan terlebih dahulu baru keluarga. Mungkin ini juga yang membuat para pemimpin menjadi miss-leading, fokus kepada pekerjaan tapi mengabaikan keluarganya. Yang lebih tepat adalah life-balance. Seorang leader sejatinya harus memiliki kesimbangan hidup, di kantor, di keluarga termasuk waktunya untuk diri sendiri. Memang sulit untuk melihat bagaimana seseorang pemimpin melakukan interaksi bersama keluarganya. Yang kita lihat biasanya hanya sebuah pencitraan di media sosial, terlihat akur dan bahagia. Sejumlah ahli psikolog mengatakan bila seseorang kerap menggumbar keharmonisan keluarganya kemungkinan besar yang ditampilkan justru bertolak belakang dengan kenyataannya.

Leader yang benar tidak fake melainkan natural dimanapun mereka membawakan diri. Bagaimana kita tahu bahwa seorang leader menjalankan fungsinya di pekerjaan sama dengan yang ia lakukan dirumahnya? Cara termudah adalah mengamati dengan seksama bagaimana mereka berinteraksi dengan orang terdekatnya. Entah itu dengan jajaran paling bawah, office boy, satpam, cleaning service. Karena kalau dengan lapisan yang paling bawah di kantor saja sudah ada respect dengan mereka, bisa jadi dirumahpun sama perilakunya. Beragam cerita para pembantu rumah tangga/supir ketika sudah tidak bekerja pada sang majikan mengumbar cerita di sosial media/pers tentang bagaimana mereka diperlakukan.

Walaupun ini belum tentu 100% benar karena kita hanya mendengar hanya dari satu sisi. Bagaimana-pun juga, ini adalah sebuah “tanda” yang dapat menjadi “perhatian” kita. Ada juga leader yang sangat perhatian dan baik, tapi apakah leader dengan kualitas tersebut dapat menjalankan disiplin di rumah dan kantornya kalau terlalu baik? Atau leader yang hanya “sugar coating” alias acting, agar telihat perhatian ternyata itu hanya sebuah rekasaya? Bagaimana cara mengetahuinya? mudah, perhatian mimik wajah mereka, tekanan suara mereka, pergerakan bibir dan mata, bahasa tubuh mereka. Anda tentu dapat merasakan apa itu dibuat atau asli.

Jadi kesimpulan saya, seorang pemimpin yang benar adalah pemimpin yang menjalankan fungsinya dengan baik di rumah dan di kantor. Menjadi pendidik juga pengawas, menjadi motivator juga penghibur, dan menjadi lembut juga tegas akan prinsip-prinsip utama yang harus dijalankan. Bila anda ingin tumbuh sebagai pemimpin yang benar, mulailah dari rumah, hargai orang-orang disekelilingmu. Everything start from small.

Public Speaking Bukan Sebuah Retorika

Oleh Erwin Parengkuan

Dalam sebuah sesi webinar saya diminta oleh sebuah universitas di Jakarta baru-baru ini untuk berbagi tentang materi public speaking. Banyak sekali audiens saya ratusan mahasiswa dari berbagai jurusan dan semester, menunjukkan ketertarikan mereka untuk mengetahui rahasia berbicara menarik di depan publik. Saya membuka sharing saya seperti judul ini. Mendengar kalimat pembuka saya, banyak mata yang terbelalak dan penasaran akan penjelasan saya selanjutnya. Sebelum saya jabarkan lebih lanjut, kenapa mereka terkejut? Karena dunia sekarang yang penuh retorika yang diamini oleh para generasi muda ( generasi Z) dimana mereka kerap bicara dengan lantang dan kalau kita perhatikan minim makna dan sering juga kita membaca caption yang mereka tampilkan di timeline begitu tegas tapi bila kita berjumpa dengan mereka ternyata pribadinya sangat pendiam. Betul bahwa komunikasi itu memerlukan konten yang berbobot tidak hanya berani bicara.

Habisnya kata-kata dalam ucapan sama saja seperti kendaraan tanpa bensin, roda tidak bisa berputar dan tujuan kita tidak akan kita sampai. Sayangnya banyak orang hanya berkoar-koar tanpa bobot. Dan sekarang semakin banyak kita jumpai baik secara langsung maupun bertembaran di media sosial. Kemana konten yang berkualitas yang dapat memberikan pengaruh besar dalam menciptakan perspektif baru, membuat audiens berpikir dan bertindak? Dalam kami membuka setiap sesi tentang komunikasi terdapat 5 hal penting yang harus dikuasai para komunikator kalau mau dibilang ulung. Pertama mereka harus dapat memberikan manfaat, kedua bicara harus runut, ketiga harus jelas tujuannya, keempat tidak boleh terburu-buru dan yang terakhir harus tidak boleh kepanjangan apalagi bertele-tele. Apakah anda sudah menguasai konten anda dengan baik?

Ketika saya memulai sesi pertama kelas online public speaking, alasan pertama soal memberikan manfaat dalam berkomunikasi saya sampaikan dan jelaskan secara terperinci kepada para peserta dan saya berhenti di alasan pertama itu serta meminta mereka mempersiapkan materi bicara dalam waktu 2 menit, sesi kemudian berlangsung dengan memberikan waktu 15 menit untuk mereka mempersiapkan konten apa yang akan mereka sampaikan hingga dapat memberikan manfaat. Apa yang terjadi selanjutnya? Semua peserta dapat tampil dengan memberikan manfaat kepada pendengarnya. Artinya, bila sebuah komunikasi dapat dipersiapkan dengan matang, tentu semua orang dapat bicara dengan bobot yang tepat. Persiapan adalah mutlak, sama seperti kalau kita akan pergi berlibur, semakin matang persiapan kita akan semakin baik perjalanan dan tempat yang akan kita kunjungi. Bila persiapan tidak matang baik, jangan harap perjalanan liburan akan menyenangkan.

Bicara yang baik juga mewakili jati diri kita, mewakili kultur, budaya kita, termasuk keluarga kita, tempat dimana kita bekerja dan tentu mewakili jati diri kita sebagai bangsa Indonesia. Saya masih ingat sebuah kasus komunikasi yang “asal bunyi” tanpa dipikirkan dampaknya terjadi beberapa tahun silam. Ketika seorang mahasiswa di sebuah kota di pulau Jawa yang mengumpat dengan kata-kata kasar karena pelayanan di pom bensin tidak membuatnya senang, lantas anak ini mencaci maki ditimelinenya. Dan warganet langsung murka untuk mencari siapa anak ini. Mulai dari siapa dia, kuliah dimana, suku apa dll. Kesadaran dalam berkomunikasi juga menjadi landasan penting yang selalu harus dipahami oleh setiap orang. Bila kita asal bicara di jagat maya, tentu masyarakat dunia akan mencari juga siapa pemilik akun tersebut dan dari negara mana ia berasal.

Mulai sekarang marilah kita tingkatkan kesadaran diri tentang peran kita di lingkungan juga menjaga reputasi bangsa, lakukan riset akan data yang tepat dan berbobot tidak lupa menyampaikannya dengan menarik dengan menggunakan pilihan bahasa yang baik dan santun. Ketika hal ini terus kita lakukan tentu akan meningkatkan reputasi diri dan citra yang positif diantara begitu banyaknya orang-orang yang asal bicara tanpa bobot.

Living with Conscious & Unconscious Mind

Dalam sebuah sesi dengan para leader di perusahaan telekomunikasi dimana mereka mendapat tekanan dari kantor pusat untuk segera melakukan perubahan yang cepat agar dapat bersaing dengan para kompetitornya, terlihat wajah mereka yang sangat tidak relax, stress dan bahkan bingung. Sedangkan sesi yang akan berlangsung seharian ini merupakan sesi kelanjutan dari sesi 3 bulan sebelumnya. Tentu akan sulit buat saya ketika memulai sesi tanpa melakukan “interaksi” tentang apa yang mereka rasakan dimana ini sangat berbeda dengan kondisi 3 bulan yang lalu. Head of HR mereka kemudian membuka dengan kalimat “kita harus segera transformasi besar-besaran.” Pesan kuat ini mengkonfirmasi wajah-wajah mereka yang tegang itu.

Setelah melakukan interaksi dan menemukan fakta yang mereka hadapi, saya kemudian menyampaikan tentang bagaimana manusia beraksi dan bertindak dari semua tantangan yang mereka hadapi. Semua tentu bermula dari sebuah kesadaran (conscious) atau ketidaksadaran seseorang (unconscious) akan apa yang dialami. Termasuk dapat segera bertindak agat dapat dengan cepat keluar dari situasi yang dialami dan melakukan perubahan yang cepat agar kondisi yang ada dapat diatasi.

Kesadaran atau ketidaksadaran kita tentu berawal dari bagaimana seseorang dapat mengendalikan pikirannya dan mengetahui dengan jelas fungsi otak bekerja dan memaksimalkannya dengan frekuensi yang baik secara sadar maupun tidak sadar. Untuk hal-hal yang berhubungan dengan kesadaran diri seseorang meliputi 3 komponen penting frekuensi otak yaitu: Gamma (a-ha moment), Bheta (work) dan Alfa (relaxing). Ketiga komponen ini akan membantu seseorang untuk dapat menganalisa dan mengaktifasi hal mendasar apa yang harus mereka lakukan. Contoh ketika seseorang bicara dengan menarik, cara penyampaiannya, emosinya, datanya tentu akan menciptakan a-ha moment yang membuat lawan bicara tertarik dan memperhatikannya dengan seksama. Bheta adalah hasil upaya yang dilakukan oleh setiap orang untuk kinerja yang datang dari frekuensi Gamma (a-ha moment). Sedangkan untuk menghasilkan Gamma dan Bheta kita perlu Alfa yaitu perasaan yang tenang tanpa tekanan.

Ketika saya menyampaikan 3 komponen ini terlihat ekspresi para leader di kelas berubah, lebih sadar dan seperti mendapatkan “pencerahan.” Beberapa yang saya dekati terlihat pupil mata mereka membesar. Saya mengatakan bahwa kendali diri tentu akan menciptakan kesadaran kita dengan waktu yang kita punya saat itu (right here right now) atas langkah-langkah yang harus dilakukan seseorang. Apakah solusi yang mereka lakukan sesuai dengan analisa yang tepat, dari hasil yang tepat tanpa terburu-buru untuk menghasilkan kinerja yang mengagumkan? Tidak semua orang mempunyai kemampuan yang sama dalam mengendalikan dirinya yang datang dari masing-masing frekuansi itu. Apalagi dalam kita berkomunikasi karena kita selalu dituntut untuk tidak hanya menyampaikan sebuah materi yang menarik (a-ha moment) tapi juga dapat menyampaikan pesan yang lengkap mulai dari suara, kata-kata, cara berpenampilan sampai bahasa tubuh. Sehingga dapat memberikan manfaat kepada lawan bicara. Dalam hal ini, para leader dikelas (memang) dituntut untuk menghasilkan hasil kerja yang berbeda dari yang pernah mereka lakukan sebelumnya sehingga bisa keluar dari tantangan besar yang mereka hadapi.

Frekuensi otak lainnya juga sangat besar pengaruhnya yang datang dari alam bawah sadar kita. Yaitu Theta (dreaming) dan Delta (dreamless sleep). Artinya hal apa yang diyakini oleh seseorang sebelum  bertindak merupakan “buah” dari alam bawah sadar mereka. Kalau kita menyakini hal yang akan kita lakukan itu sulit tentu halnya akan sama sulitnya. Lain bila kita menyakini ini mudah, tentu hasilnya akan berjalan dengan mulus. Kemampuan menggabungkan kelima frekuensi ini harus seimbang, dipakai dengan tepat tidak boleh hanya 1 atau 2 saja karena tidak akan menghasilkan hasil yang maksimal.

Seseorang yang hanya fokus ke frekuensi Theta (dreaming) dan Alfa (relaxing) akan membuatnya tidak bisa fokus karena tidak ada Bheta (work) yang mereka lakukan. Seseorang yang berbicara dengan tubuh yang bergerak-gerak, pandangan mata yang tidak menyapu audiens secara menyeluruh tentu juga menjadi contoh konkrit bila seseorang tidak sadar. Di semua kelas yang selalu kami adakan ketidaksadaran dalam mengendalikan bahasa tubuh memang sangat terlihat. Ketika ditanya “kamu sadar tidak ketika bicara tangan kamu menunjuk ke audiens? Kamu sadar tidak kaki kiri kamu tadi bergerak tanda kamu gugup?” Semua jawaban dari peserta mengatakan mereka memang tidak sadar. Nah ketidaksadaran ini kalau kita lihat dari pikiran manusia terjadi atas frekuensi-frekuensi yang dikeluarkan oleh Theta maupun Delta. 2 frekuensi ini yang ada dipikiran manusia membuat kita tidak sadar. Lebih parahnya ketika frekuensi Delta terlalu besar, tentu tidak akan dapat berbicara dengan menarik. Misalnya karena kita punya mental yang negatif, mental yang tertutup (mental block) dalam diri kita, apa yang kita katakan dalam diri kita (self talk) akan mempengaruhi kesadaran kita, apa yang kita katakan dalam diri itu akan langsung membentuk fodasi yang semakin membesar, mengakar dan semakin sulit dilepaskan.

Kita perlu teknik khusus yaitu mulai memandang semua hal yang kita alami adalah baik, untuk sebuah kebaikan, semua hal positif, mengganti kata masalah dengan tantangan dll adalah sebuah teknik sederhana untuk mengantikan kata negatif menjadi kata positif. Semua bisa kita lakukan kalau kita mau, mau artinya berpikiran terbuka melihat sebuah perubahan yang begitu cepat menjadi sebuah rencana kerja yang harus dilakukan dengan terus menerus dengan mengaktifkan frekuensi Alfa, Bheta dan menghasilkan Gamma. Ketika berbicara dengan lawan bicara yang negatif kita akan melihat ekspresi wajah yang tidak menyenangkan, tekanan suara yang mengintimidasi, apalagi mendengar pilihan katanya. Bila semua orang frustasi dan stress tentu siapapun tidak akan dapat berkomunikasi dengan menarik. Boro-boro akan membuat orang bertindak, melihatnya saja kita tidak selera.

Mengendalikan alam bawah sadar, subconscious adalah mandatory, semua orang mempunyai kekuatan yang sama dalam dirinya, siapapun mereka untuk menjadi versi terbaik dari dirinya. Kita harus membereskan alam bawah sadar kita untuk mempunyai  a positive fixed mindset sehingga dengan membereskan Delta, kita bisa memperbesar dreaming (Theta) dalam melihat hal positif yang akan kita dapatkan di hari ini dan esok. Asalkan diimbangi dengan perasaan relax (Alfa) dan terus bekerja (bheta) sehingga kita dapat menjadi pribadi yang menarik (Gamma) membuat orang suka dengan kita.

Bayangkan betapa menyenangkan perjalanan yang akan kita lewati ini. Uraian yang saya sampaikan, juga saya bagikan kepada para leader di kelas itu. Mereka bisa lebih sadar untuk mengaktifkan frekuansi yang mana dalam membuat kemampuan komunikasi menjadi lebih tepat. Karena kita semua memiliki hak dan kompetensi yang sama untuk bahagia dan memaksimalkan kesadaran dan ketidaksadaran kita untuk terus menjadi yang terbaik dengan tombol-tombol frekuensi Gamma, Bheta, Alfa, Theta dan juga Delta.

Kemampuan menulis meningkatkan cara berpikir kritis

Oleh Erwin Parengkuan

Dalam sebuah tulisan di surat kabar kemarin, seorang pengamat politik mengungkapkan pendapat dan analisanya tentang pernyataan Presiden atas kedua Menterinya yang kedapatan telah melakukan praktik korupsi. Dalam tulisan tersebut dibahas oleh sang penulis, kalimat yang telah diucapkan Presiden dan uraian tentang maknanya. Bahwa sebuah pernyataan yang disampaikan oleh seorang pemimpin negara atau kita sebagai seorang komunikator akan menjadi penilaian publik terhadap pesan yang disampaikan, mulai dari ; maknanya, tekanan dalam pesan tersebut, serta peran seseorang dalam menyampaikan sebuah pesan. Terlepas dari penyataan Presiden, bahwa pesan tersebut dinilai kuat atau tidak berdasarkan jabatan seseorang, bahwa saya telah menangkap sebuah pemaparan yang jelas tentang komunikasi publik harus disampaikan selaras dengan fungsi kerja seseorang. Seperti judul artikel ini bahwa kemampuan seseorang berkomunikasi tentu tidak terlepas dari seberapa Ia mahir  berbicara berdasarkan jumlah kosa kata, wawasan yang dimiliki dan peran yang diembannya.

Layaknya sebuah bahan baku yang banyak, itulah analogi yang dapat dipakai untuk memperjelas kemampuan seseorang dalam berbicara. Semakin banyak kosa kata yang dimiliki seseorang tentu akan meningkatkan kemampuan berbicara yang lebih lancar, dan harusnya hal itu juga diikuti dengan berkembangnya pengetahuan dan wawasan yang terus ditingkatkan. Latihan, latihan dan latihan menulis adalah kuncinya yang akan meningkatkan bobot dari tulisan kita dan semua itu berasal dari kemampuan berpikir secara kritis yang telah dimiliki seseorang. Ketika paragraf pertama dari tulisan ini anda baca, anda juga telah mendapatkan sebuah pandangan tentang sebuah makna dari sebuah tulisan.

Bagaimana cara kita untuk dapat terus meningkatkan kemampuan menulis yang berdampak kepada kemampuan otak berpikir secara kritis? Tentu perlu kecepatan berpikir dan kreativitas, dimana semua yang kita miliki terdapat dalam sebuah mesin kecerdasan yaitu otak kiri, otak kanan, limbik kiri dan limbik kanan. Untuk itu, mulailah sekarang meningkatkan kemampuan menulis anda, dari apa yang kita pikirkan dalam menjawab pertanyaan atau penyampaikan gagasan melalui email, WA, dll. Pikirkan terlebih dahulu tujuan yang akan kita sampaikan, apakah sifatnya hanya sebagai pengingat, atau mempertajam kata/pesan kepada seseorang melalui tulisan yang kita buat dan apa peran kita dalam menuliskan pernyataan tersebut? Analisa lagi apakah tulisan yang telah anda buat sesuai dengan gaya kita? Sesuai dengan tugas/jabatan kita?

Beberapa panduan berikut ini bisa membantu anda menyelaraskan bobot tulisan anda. 5 tahap yang dapat anda lakukan:

1. Observing

Amati tulisan yang sudah anda buat, lihat beberapa gaya penulisan yang bertebaran dimana-mana dan tentukan gaya tulisan anda. Serius, jenaka? Monoton? Carilah contoh sebuah gaya tulisan yang paling anda suka. Pilih beberapa penulis favorit anda.

2. Habits of mind

Cerna cara pola pikir anda sehari-hari. Apakah selalu mudah menerima sebuah pesan? kritis? Skeptis?

3. Questioning strategies of writing

Setelah anda mulai menulis, tanyakan apakah ini yang memang benar ingin anda paparkan dalam tulisan anda? Apa “irama” dalam tulisan itu.

4. Use evidence

Tentu menggunakan data terbaru yang valid untuk memperkuat bobot tulisan anda. Jangan biarkan asumsi mempengaruhi tulisan anda.

5. Evaluate thinking and writing goals

Setelah selesai anda membuat tulisan itu, baca kembali, cerna apakah sudah benar-benar tepat.

Sayapun terus menganalisa tulisan-tulisan yang telah saya buat, dengan kelima proses diatas. Dengan banyaknya buku yang saya baca dari berbagai macam disiplin ilmu, saya akan kembali mencerna semua kata yang saya dapatkan kemudian saya biarkan “mengambang” di kepala saya untuk beberapa saat, baru kemudian saya buat plotnya untuk siap menulis. Semakin rutin saya menulis, semakin cepat jari-jari saya menari-nari di tuts Ipad saya. Proses ini terus mengalir dari apa yang ada dalam pikiran dan gagasan ke gaya tulisan saya. Biasanya, artikel seperti ini membutuhkan waktu penulisan selama 30 menit, kalau dulu saya memerlukan waktu sampai 2 jam lebih. Buat saya ketika artikel telah selesai, cukup 3x membaca ulang sebelum dipublikasi. Proses yang saya lewati ini, telah menciptakan sebuah formula yang menjadi panduan saya tidak hanya dalam menulis tapi juga dalam berbicara di depan publik.

Strategi 4 Tipe Kepribadian dengan 5 Indra Manusia di dalam komunikasi

Oleh Erwin Parengkuan

Seperti yang saya tulis dalam buku Understandinc People, Strategi Taktis Berkomunikasi Berbagai Kepribadian-2017, Gramedia Pustaka Utama, di dalam komunikasi bahwa ada 4 tipe kepribadian manusia berdasarkan teori Hippocrates dengan 4 istilah yang saya rubah menjadi: Gesit, Kuat, Rinci dan Damai. Gesit adalah pribadi yang terbuka, extrovert feeling, ceplas-ceplos dan menyukai tren terbaru, sedangkan si Kuat adalah extrovert thinking, yang pemberani, pantang mundur dan to the point cenderung kaku. Si Rinci adalah introvert thinking yang sangat cinta keindahan dan detail, berbicara sangat terstruktur dan cenderung panjang, dan yang terakhir, si Damai yang cinta ketenangan, hidupnya sangat normatif, anti konfrontasi dan introvert feeling.

Keempat kepribadian ini, pada dasarnya ada dalam diri setiap orang, tergantung urutannya. Contohnya saya urutan kepribadian adalah: Gesit, Rinci, Damai dan Kuat. Dalam kurun waktu tertentu, berdasarkan pekerjaan dan lingkungan urutan ini bisa berubah dan tentu berdampak dalam kemampuan seseorang berinteraksi. Sesuai judul tulisan saya di atas bahwa ke empat tipe kepribadian ini sangat berhubungan dengan 5 indera kita, pengelihatan, pendengaran, rasa/kinestetik, penciuman dan pengecap. Contoh dalam memilih makanan, si Gesit akan tertarik oleh sesuatu dengan tampilan menarik, unik dan kekinian, sedangkan si Rinci akan sangat memilih berdasarkan rasa yang tepat dan penyajian yang sempurna, si Kuat tidak mementingkan semua yang diminati oleh si Gesit dan si Rinci, buatnya makanan yang penting mengenyangkan, sudah cukup. Dan si Damai, apapun makanannya rasa menurut mereka hanya ada 2 yaitu enak dan enak banget. Itu baru urusan makanan, belum yang lain.

Bagaimana dengan Indera pengelihatan yang memberikan dampak besar pada kesan pertama yang bekerja di bawah 8 detik? Si Kuat menginginkan seseorang yang dijumpainya meyakinkan, cara berdiri yang PD, suara yang lantang. Bila si Rinci menginginkan penampilan seseorang harus rapih, profesional, sepatu bersih, dan dokumen lengkap. Bila di Gesit menginginkan gaya komunikasi yang terbuka, penampilan harus trendy, suara berirama, dan sangat dinamis. Sedangkan si Damai tidak menginginkan sesuatu yang berlebihan, penampilan sesuai sudah cukup, suara tidak berlebihan, suasana yang tenang itu yang akan membuat mereka nyaman. Sedangkan untuk si Gesit dan Damai, yang feeling, menginginkan semua yang anda sampaikan berdasarkan feeling bukan logika berpikir. Kebalikannya buat yang thinking seperti si kuat dan rinci, sangat mengutamakan logika berpikir, analisa, dan data yang kuat dan jelas.

Dari penjelasan saya di atas, sudah sangat jelas, bahwa kita dengan tendensi kepribadian yang dimiliki akan menggunakan pengukuran kepribadian ini dengan Indera yang paling besar pengaruhnya untuk kita. Bila orang yang kita jumpai masuk kategori Feeling, maka yang tepat adalah memasukkan unsur yang sama feeling/rasa juga kepada mereka, dengan pilihan makanan yang sesuai, tempat pertemuan yang sesuai, gaya yang sesuai dengan yang mereka minati. Akan sangat bermasalah bagi mereka yang tidak memperdulikan analisa/mapping seperti ini, seseorang dipastikan akan gagal dalam membangun relasi bila kita lalai melakukan mapping dan profiling dengan lawan bicara. Contoh lainnya, Indera penciuman buat si Kuat menjadi tidak penting, juga buat si damai, tapi bagi si Gesit ruangan harus punya aroma tertentu, begitupun dengan si Rinci yang akan memikirkan aroma terapi yang di sesuaikan dengan suasana siang atau malam.  

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan melakukan sesi coaching dengan CEO perusahaan yang usia beliau mirip-mirip dengan saya, sangat thinking, campuran di Kuat, Rinci, Gesit dan Damai. Saya sudah investigasi profilenya dan mendengarkan banyak informasi dari pihak internal perusahaan tersebut. Ketika sesi di mulai saya memintanya untuk mengisi form assessment test kepribadian. Ketika beliau mengisi, saya pun sudah mengukur urutan kepribadiannya, yang kemudian hasilnya tepat seperti analisa saya. Sesi berjalan banyak diskusi dan semua memang merujuk pada analisa berpikir beliau yang sangat kuat dan detail, terkadang terjadi argumentasi dan saya menjawabnya dengan data terbaru yang saya miliki. Bila saya tidak melakukan maping yang benar dengan investigasi, bisa dipastikan saya akan mengalami kegagalan dalam sesi tersebut. Ketika terjadi argumentasi, saya tahu, tidak boleh menggunakan feeling/kinestetik ketika berhubungan dengan figur seperti ini. Suara lebih saya naikkan, bahasa tubuh harus tegak dan meyakinkan untuk dapat “di beli” olehnya. Jadi tulisan saya kali ini, ingin mengingatkan anda bahwa ketika kita menjadi relasi dengan siapapun, pentingnya juga mempelajari peta lawan bicara, tidak hanya kepribadiannya semata, urutan kepribadiannya, termasuk mengetahui indera mana yang paling utama menjadi perhatian mereka, sehingga interaksi kita dengan mereka menjadi sejalan, selaras dan dapat memberikan dampak positif seperti yang kita harapkan, ini adalah jurus kunci sebuah strategi sukses berkomunikasi. Sayapun setelah sesi coaching berakhir sangat senang karena merasa sukses “menaklukkan” coachee saya yang kaku nan penuh wawasan, ketika sesi berakhir beliau bertanya kepada saya “sudah berapa buku yang kamu baca?”   

Confidence is a must

Oleh Erwin Parengkuan

Pengalaman bertemu banyak individu yang sukses akan menambah “jam terbang” kita agar lebih berpengetahuan lagi yang tentunya akan membuat kita lebih percaya diri. Kemarin saya menjalankan sesi training dengan sebuah direktorat di Kementerian RI, dalam sesi lunch break, seorang pejabat yang membuka sesi pagi tadi, menghampiri dan duduk menemeni kami makan siang. Beliau bercerita tentang pengalamannya belum lama ini dalam sebuah penilaian untuk naik jabatan, dimana harus mengikuti sesi interview akan inovasi apa yang akan dilakukan agar “lolos” naik jabatan. Si bapak kemudian bertanya kepada anaknya di rumah yang sedang menempuh pendidikan akhir di sebuah Universitas Negeri bergengsi di negeri ini, Ia bertanya tentang ide apa yang harus disampaikan pada wawancara nanti berhubungan dengan inovasi. Seperti yang kita ketahui generasi Millenial sangat kaya akan informasi dan mereka sangat peka teknologi. Kemudian si anak menyarankan “fokus ke inovasi digital karena semua bisnis apapun harus pro digital karena sesuai dengan tuntutan zaman.”  Sang ayah kemudian mengangguk dan setuju akan usulan sang anak.

Ketika si bapak meneruskan cerita ini kepada kami, dengan cara bercerita yang berapi-api menguraikan momen ketika beliau di interview. Gagasan dari si anak kemudian dielaborasi sesuai dengan kemampuannya yang PD. Si bapak bercerita bahwa pihak penilai adalah mereka yang masih minim pengalaman dan tidak tahu tentang pengetahuan dan bidang yang mereka tanyakan kepada pihak yang lebih senior. Mereka hanya bertanya dari ide awal dan kembali menggali ide tersebut. Si bapak meyampaikan jurus rahasianya yaitu fokus kepada konten yang Ia sampaikan dan percaya diri, sehingga ketika pertanyaan berputar kepada penjelasan yang sudah diucapkan, Ia tidak “blunder” dan tetap fokus dan teguh dengan penjelasannya. Karena dalam setiap teknik interview, atau investigasi, ketika kita mulai mengarang, pertanyaan incaran pasti membidik kata-kata anda yang “mengambang” dan menjadi sasaran empuk. Mereka akan menyimpulkan bahwa anda mengarang dan tidak konsisten dengan jawaban dan tentu penilaian akan menjadi buruk, akhirnya kita tidak akan lulus dalam sesi interview/investigasi yang berlangsung.

Pengalaman cerita di atas dapat disimpulkan bahwa percaya diri adalah kunci dari semua aspek dalam kehidupan ini. Bayangkan kalau si bapak tidak PD, apa jadinya dengan kenaikan jabatan beliau yang nanti sejak lama? Hasil interview lolos dan si bapak naik jabatan, sedangkan beberapa rekannya harus kembali mengulang proses interview sampai beberapa kali karena ketidakyakinan mereka dalam berkomunikasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pihak penyelidik.

Persis dengan banyak tips yang sering kami sampaikan dalam setiap training bahwa “mapping” peta lawan bicara menjadi esensial, kepada siapa kita harus bicara, siapa mereka, bagaimana pengalaman mereka apakah setara dengan kita atau di bawah kita. Tentu mengambil cerita di atas, si bapak sudah melakukan PR-nya dengan baik, bahwa yang mewawancarainya tidak menguasai bidang yang dilakukan, mereka hanya menggali dan kembali “memutar” pertanyaan untuk mengetahui apakah jawaban betul dikuasai. Berbeda dengan kalau kita harus menaklukkan lawan bicara, apalagi dengan jumlah orang yang  “isi kepala” dan pengetahuannya berbeda-beda. Sehingga, pengetahuan anda mutlak harus di atas mereka. Jadi, pastikan sudah ada pemahaman yang dalam, data yang dan pengetahuan terbaru yang harus kita berikan kepada mereka. Kalau tidak anda harus bersiap diremahkan oleh audiens anda.

Kemarin juga dalam sesi online dengan para “agen perubahan” di sebuah Kementerian yang berbeda, seseorang bertanya kepada saya “bagaimana kita bisa menguasai sebuah materi yang baru kita terima, sementara waktunya sangat terbatas?” saya menjawab tidak ada cara lain selain memang harus mempelajari dengan melakukan riset, walaupun waktu kita terbatas. Untuk itu, kita dapat terlebih dahulu bertanya tentang konteks/tujuan pembicaraan yang akan dibahas. Dari info minim itu, walau kita belum mendapatkan pokok detail pembicaraannya apa, tapi kita harus “nyolong start” dengan segera mencarinya secara general. Misalnya topik tentang perubahan iklim, nah, dari situ anda bisa segera mencari isu-isu yang terjadi saat ini secara general, ambil fokus utama yang menjadi problem, dan mengkurasi info yang ada dengan data terbaru serta mencari alternatif solusi dari isu yang ada, sehingga ketika waktu datang, info yang sudah kita miliki kemudian akan memperkaya wawasan, walau dengan limitasi waktu, tapi kita sudah tahu dari hasil observasi yang sudah kita lakukan jauh hari sebelumnya. Intinya inisiatif untuk bergerak duluan. Kita memang harus lebih cerdas dari audiens kita, itu harga mati yang akan menaikkan “bobot” kita sebagai juru bicara. Kalau kita anda malas, tidak ada inisiatif tentu  akan “mati kutu” menghadapi audiens yang lebih berpengetahuan dari anda.  

Your 168 Hours

Oleh Erwin Parengkuan

Kalau dihitung, ini adalah jam dalam satu minggu dimiliki oleh semua orang. Mulai dari anak kecil dengan waktu bermain yang lebih banyak, beranjak dewasa dan meniti karir. Dimana waktu bermain kita lantas menjadi sedikit karena kita mengejar kehidupan yang baik. Semua itu kita jalani hingga detik ini, baik secara sadar maupun tidak sadar. Saya terkadang kagum dengan mereka yang dapat membagi waktunya dengan sangat amat efisien. Sebut saja orang-orang dengan jabatan yang tinggi. Seperti Presiden, seperti para pemimpin itu dengan jadwal yang padat detik demi detik, terkadang meeting dilakukan sambil berjalan kesuatu tempat, untuk pindah ke lokasi lain. Tiba-tiba ada disatu tempat, kemudian berpindah lagi, bertemu masyarakat, dan masih punya waktu dengan dirinya, keluarga dan  -bersenang-senang dengan teman inti mereka.

Sebagian dari anda mungkin tahu juga kalau saya memiliki saluran berbagi tidak hanya di website ini, tapi juga secara audio di podcast yang sudah saya jalankan rutin selama 2 tahun ini. Saya terkadang berniat untuk menghentikan podcast saya, tapi dari kegiatan yang saya lakukan, ada saja cerita baru yang muncul kemudian saya bagikan serentak secara audio, tulisan termasuk berbagi ke kelas online maupun offline.

Kita semua memiliki waktu yang sama, tapi terkadang tidak pandai membaginya. Orang yang sibuk tentu pandai akan hal ini, tapi orang yang banyak waktu luang, sepertinya tidak pandai dalam membagi waktu. Kegiatan rutin yang dilakukan setiap orang hendaknya membantu mereka untuk punya management waktu yang baik. Karena kegiatan yang kita lakukan akan terus berulang sampai kapanpun, tapi rupanya tidak semua orang bisa efesien soal waktu, termasuk ketika seseorang berbicara terkadang banyak sekali pemilihan kata yang berulang, atau salah dalam menempatkan/memilih kata, sehingga pesan kemudian menjadi bias.

Buku yang belum lama saya baca, bercerita tentang waktu. Bagaimana kita bisa lebih disiplin dalam menjalankan dan memaknainya. Saya berharap tulisan ini dapat membantu anda untuk lebih pandai dalam membagi waktu yang kita miliki.

Ada 5 hal penting yang disampaikan dalam buku yang ditulis oleh Harry M. Jesen Kraemer, Jr dalam bukunya “From Values to Action” berikut pembagian waktu yang ia sampaikan:

Career : 50 jam (30%)

Family : 28 jam (17%)

Spirituality : 11 jam (7%)

Health/sleep : 55 jam (32%)

Fun/recreation/reading : 14 jam (8%)

Social responsibility/making difference : 10 jam (6%)

Ketika membaca buku ini saya lantas merefleksikan diri terhadap waktu yang saya jalani, apakah semua uraian tersebut sudah saya jalani. Soal berapa jumlah waktu/prosentase-nya tentu berpulang kepada setiap orang akan fungsi dan tujuan hidupnya. Saya sangat sependapat dengan penulis yang mengatakan bahwa hidup ini harus life balance, bukan work life balance, karena 6 faktor ini bila kita jalankan akan membuat kita berdaya, berdampak kepada diri dan orang lain. Tidak hanya sibuk mengejar karir.

Setiap kita memang mempunyai prioritas yang berbeda-beda, tapi sejatinya setiap orang harus memaksimalkan dirinya seperti yang kita tahu tentang teori dari Abraham Maslow “The Hierarchy of Needs.” Semakin tinggi tingkat kedewasaan seseorang dalam menjalankan karirnya harus dapat hidup seimbang. Tidak ada karir tentu tidak ada pendapatan, terlalu sibuk bekerja tentu akan tidak ada interaksi sosial dengan lingkungan luar, tidak membaca buku, tentu tidak ada wawasan baru, tidak tidur dan olah raga tentu fungsi tubuh akan melemah sejalan dengan bertambahnya usia dan sulit berkonsentrasi. Tidak punya waktu dengan keluarga tentu tidak ada support system yang akan memotivasi kita dan membuat kita bahagia.

Kalau pengalaman saya, selalu memaksakan diri untuk terus bertumbuh dengan 6 komponen diatas. Saya merasakan bahwa semakin hari semakin baik dalam membagi waktu saya. Ini adalah tantangan yang harus kita jalankan, walau kebayakan orang memang punya tendensi malas dan penunda. Itu tidak ada dalam kamus saya. Seperti contoh, bila satu hari tidak ada kegiatan dalam bekerja. Saya akan tetap membuat jadwal harian, crowd my calender! Pagi hari buat saya jam 5 adalah waktu terbaik saya untuk menjalankan rutinitas berolah raga dan baca buku. Mungkin 1 hal yang perlu saya tambahkan dari 6 komponen diatas adalah makan sehat. Cheating day hanya weekend. Menjadi lengkap bila semua hal ini kita jalankan dengan kesadaran diri tinggi untuk terus bertumbuh dan kemudian memberikan dampak positif bagi orang lain/lingkungan. Seperti yang dilakukan oleh orang-orang sukses mereka kemudian peduli kepada orang lain, menjadi dermawan dan merasakan hidup ini menjadi berguna dan juga bermanfaat. Life balance adalah kata yang tepat untuk kita saat ini dan di waktu mendatang.

WhatsApp Online Chat Support